IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA (Cindiana Putri)

October 14, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 14, 2021 @ 9:38 AM
IP: 5.182.16.12

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Cindiana Putri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kebijakan, Implementasi, Program Indonesia Pintar (PIP)
  • 4. Description [Abstrak] : Cindiana Putri, “Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) pada Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda” dengan bimbingan Ibu Thalita Rifda Khaerani, S.A.P., M.Si sebagai dosen pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi dan mendeskripsikan faktor penghambat kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) pada jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda.
    Jenis penelitian adalah deskriftif kualitatif. Fokus penelitian yaitu implementasi kebijakan PIP dengan sub fokus mekanisme pengusulan dan penetapan serta pemantauan PIP dan faktor penghambat pelaksanaan PIP. Sumber data primer dari key informan yaitu staf tim pokja PIP, Kepala dan staf Seksi Kelembagaan Peserta Didik Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Kepala dan Staf SDN 003 dan SDN 024 Samarinda Utara serta infroman yaitu staf BPKP RI Kaltim, staf BPK RI Kaltim, staf BRI KC Kota Samarinda, orang tua peserta didik SDN 003 dan SDN 024 Samarinda Utara. Data sekunder yaitu dokumen, gambar, dan diagram. Teknik pengumpuland data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi, penyajian data dan kesimpulan.
    Kesimpulan implementasi kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Pada mekanisme pengusulan dan penetapan PIP telah berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan PIP tetapi proses pengusulan nama yang belum maksimal karena pihak sekolah menyamaratakan pengusulan peserta didik sehingga tidak mengutamakan penerima sesuai prioritas. Mengenai 4 aspek pemantauan yaitu Ketepatan sasaran penerima PIP bahwa pihak sekolah belum maksimal melakukan pendataan peserta didik pemilik KIP, Ketepatan jumlah dana sebesar Rp225.000 atau Rp450.000 telah sesuai dengan SK, Ketepatan waktu penyaluran dana dalam 1 tahun 1 kali, dan kesesuaian penggunaan dana telah digunakan untuk kebutuhan sekolah tetapi sisa dana untuk kebutuhan diluar sekolah. Faktor penghambat PIP yaitu faktor komunikasi yang belum berjalan baik antara pihak sekolah dengan peserta didik, kurangnya informasi dari pusat mengenai batas akhir aktivasi rekening penerima dan proses pemantauan kurang optimal dalam penggunaan dana.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Thalita Rifda Khareani, S.AP., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

37 total views, 2 views today