JIka Salah/Tidak Tepat Mengisi Formulir & Double Posting

February 26, 2013
Filed under: Tips & Tricks 

Dalam pengisian data portal, dijumpai beberapa kesalahan pengisian,  ketidaktepatan pengisian seperti redundancy (pengulangan yang tidak perlu), dan double posting (mengisi formulir lebih dari sekali dengan data yang kurang lebih sama).

Pertama, jika salah mengisi formulir data portal, apa yang perlu dilakukan? Sistem yang ada di formulir ini adalah isian formulir baru akan tampil di web jika semua field (baris isian) sudah terisi. Ini berari tingkat kesalahannya minor, kecuali karena sebab lain. Walaupun kesalahan minor (misal dua/tiga angka salah isi),  tapi bisa berakibat fatal jika data Identifier/Permalink salah.  Kesalahan dalam pengisian Identifier atau permalink berakibat pada artikel eJournal mahasiswa yang bersangkutan tidak bisa diakses/ditelusuri.

Jika melakukan kesalahan dalam pengisian data portal, hubungi administrator dengan cara mengirim pesan koreksi melalui link Kontak atau  langsung mengisi  Contact Form.

Kedua, untuk masalah redundancy (pengulangan yang tidak perlu), sedapat mungkin akan dilakukan editing. Contoh pengulangan yang tidak perlu:

1. Mengisi kata “Abstrak” di baris isian Description [Abstrak] (no. 4)
2. Mengisi judul artikel dan nama pembimbing di di baris isian Description [Abstrak] (no. 4)  [karena sudah ada tempatnya di no. 1 dan 6] 3. Mengisi “Kata kunci” di baris isian Description [Abstrak] (no. 4) [karena sudah ada tempatnya di no. 3].

Ketiga, jika double posting (mengisi formulir beberapa kali), maka posting yang lebih lama/duluan akan di-trash. Atau bisa juga posting yang dianggap paling lengkap/benar/bagus yang dipertahankan, sementara yang lain di-trash. Yang di-trash bisa di-restore (dikembalikan) jika tenggang waktu permintaan restore tidak terlalu lama. Untuk me-restore data yang ditrash, silakan kontak Admin melalui Contact Form.

 

3,572 total views, 1 views today