Evaluasi Peraturan Daerah Nomor 04 Tahun 2002 Tentang Larangan dan Pengawasan Hutan Mangrove Kota Tarakan (Kartini Maharani Abdul)

January 24, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: maharani abdul, kartini
On: Jan 24, 2017 @ 9:46 AM
IP: 36.82.184.224

  • 1. Title [Judul]: Evaluasi Peraturan Daerah Nomor 04 Tahun 2002 Tentang Larangan dan Pengawasan Hutan Mangrove Kota Tarakan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Kartini Maharani Abdul
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Evaluasi, Larangan, Pengawasan, Mangrove Kota Tarakan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengevaluasi Peraturan Daerah No. 04 Tahun 2002 tentang Larangan dan Pengawasan Hutan Mangrove Kota Tarakan. Untuk mengetahui peran Pemerintah dan Masyarakat dalam mendukung kebijakan Pemerintah Kota Tarakan dalam hal Perlindungan, Larangan dan Pengawasan Hutan Mangrove serta untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam Evaluasi Peraturan Daerah No. 04 Tahun 2002 Tentang Larangan dan Pengawasan Hutan Mangrove Kota Tarakan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian di Dinas Kehutanan Kota Tarakan. Data primer berasal dari wawancara dengan key informan terpilih serta dari pengamatan langsung di lokasi penelitian. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen dan data yang dimiliki oleh instansi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Model Intraktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara aplikatif larangan dan pengawasan hutan mangrove Kota Tarakan telah sesuai dengan system larangan dan pengawasan yang diatur melalui Peraturan Daerah No. 04 Tahun 2002 tentang Larangan dan Pengawasan Hutan Mangrove Kota Tarakan, namum belum optimal mencapai yang diharapkan. Hal yang menyebabkan belum optimal dalam larangan dan pengawasan hutan mangrove Kota Tarakan antara lain adanya alih fungsi lahan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar dengan mendirikan rumah dikawasan hutan mangrove serta melakukan penebangan pohon secara liar. Adapun Larangan dan Pengawasan hutan mangrove yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan yang meliputi larangan untuk melakukan penebangan pohon mangrove serta menempati dan menduduki dikawasan hutan mangrove Kota Tarakan yang harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M. Si. dan Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24 Januari 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Tesis

2,482 total views, 2 views today