IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DAERAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 2 SENDAWAR KABUPATEN KUTAI BARAT) (Meltiana)

February 8, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: -, Meltiana
On: Feb 8, 2017 @ 11:57 AM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DAERAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 2 SENDAWAR KABUPATEN KUTAI BARAT)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Meltiana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi kebijakan BOSDA, SMA Negeri 2 Sendawar
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan Bantuan Operasional Sekolah Daerah dan faktor pendukung serta penghamabat melalui subfokus penelitian yaitu: (1) Komponen pembiayaan; (2) Ketentuan penggunaan; (3) Larangan penggunaan; (4) Mekanisme pembelian barang dan jasa; (5) Pencatatan inventaris barang atau asset.. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model interaktif, melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik uji kredibilitas triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Bantuan Operasional Sekolah Daerah di SMA Negeri 2 Sendawar tahun 2015, secara implementatif telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Namun secara aplikatif dihadapkan dengan sumber daya dalam memahami tujuan kebijakan dan kurangnya pemahaman mengenai tugas dari pelaksana kebijakan tersebut, serta koordinasi dan komunikasi antara pelaksana dan penyelanggara kebijakan masih kurang maksimal. Selain itu dari sisi pengawasan dari pihak yang terkait juga belum secara optimal berjalan. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya keterlambatan dalam pengajuan permohonan dana bantuan, dan pencairan. Bahkan di tahun 2015 SPJ pada triwulan II dan III di SMA Negri 2 Sendawar tidak dapat dicairkan karena keterbatasan kas daerah, ini membuat kegiatan yang telah di rencanakan menjadi terhambat/tertunda. Besaran dana BOSDA yang diterima SMA Negeri 2 belum sesuai dengan ketentuan, dimana setiap siswa menerima Rp.2.000.000/tahun tetapi dalam realitanya hanya menerima Rp.1.000.000/tahun.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. H. Muhammad Noor, M.Si ; Dr. HM. Djamal Amin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 8 Februari 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: skripsi

2,311 total views, 2 views today