UPAYA MEMBANGUN KOMUNIKASI INTERPERSONAL YANG EFEKTIF ANTARA ORANGTUA DAN ANAK DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT AKADEMIK KHUSUS REMAJA DI SMA NEGERI 3 SAMARINDA (Iva Madelyn Hasugian , M. Ali Adriansyah, Annisa Wahyuni Arsyad)

February 11, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 11, 2019 @ 10:49 AM
IP: 36.74.233.192

  • 1. Title [Judul]: UPAYA MEMBANGUN KOMUNIKASI INTERPERSONAL YANG EFEKTIF ANTARA ORANGTUA DAN ANAK DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT AKADEMIK KHUSUS REMAJA DI SMA NEGERI 3 SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Iva Madelyn Hasugian , M. Ali Adriansyah, Annisa Wahyuni Arsyad
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: komunikasi interpersonal, bakat akademik khusus
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Upaya Membangun Komunikasi Interpersonal yang Efektif Antara Orangtua dan Anak Dalam Mengembangkan Bakat Akademik Khusus Remaja. Penelitian ini adalah penelitian berjenis kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan data primer key informan 4 siswa-siswi berprestasi di SMA Negeri 3 Samarinda dalam bidang akademik khusus, 4 informan masing-masing orangtua siswa dan 1 orang guru pembimbing koordinator SMA Negeri 3 Samarinda. Kemudian teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dibangun oleh orangtua secara efektif memiliki peran yang besar dalam meraih prestasi anak. Dengan menjalin komunikasi interpersonal secara keterbukaan dapat mengacu pada dua aspek dari komunikasi interpersonal, diantaranya adanya kesediaan anak untuk mengungkapkan informasi ataupun masalah yang dihadapi dalam kesehariannya kepada orangtua yang biasanya disembunyikan kepada orang lain dan kesediaan anak untuk berinteraksi jujur terhadap stimulus yang datang. Ketika anak bereaksi secara terbuka terhadap apa yang ia ucapkan, diharapkan orangtua juga memiliki sifat terbuka kepada anak. Kedua, menerapkan sikap saling empati dimana orangtua mampu menempatkan dirinya pada perananan anak dalam waktu tertentu. Ketiga, orangtua memberikan dukungan dalam bentuk motivasi terhadap anak dan sangat memiliki peran dalam proses pembelajaran dan prestasi yang diraih anak. Keempat, menciptakan rasa positif dalam komunikasi interpersonal antara orangtua dan anak yang terlihat saat proses komunikasi yang dilakukan orangtua menghargai pendapat anak. Selain itu, rasa positif yang diberikan orangtua saat kepada anak dengan memberikan rasa kepercayaan bahwa anak mampu dalam menyelesaikan tugas. Terakhir, kesetaraan dari orangtua yang merupakan pengakuan bahwa kedua belah pihak saling memiliki kepentingan dan saling membutuhkan sehingga dapat membantu mengembangkan bakat akademik khusus yang dimiliki sehingga dapat mencapai sebuah prestasi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : M. Ali Adriansyah, S.Psi., M.Si dan Annisa Wahyuni Arsyad, S.Ip., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 11 Februari 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

88 total views, 1 views today