Peran International Committee of Red Cross (ICRC) Menangani Korban Konflik Bersenjata Internasional di Afghanistan Tahun 2013-2016 (Yessi Juniar Rahmad)

March 5, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Rahmad, Yessi Juniar
On: Mar 5, 2019 @ 12:19 AM
IP: 36.75.32.20

  • 1. Title [Judul]: Peran International Committee of Red Cross (ICRC) Menangani Korban Konflik Bersenjata Internasional di Afghanistan Tahun 2013-2016
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yessi Juniar Rahmad
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Afghanistan, Perlindungan terhadap korban perang, Konflik Bersenjata Internasion
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini menjelaskan peran ICRC dalam menangani korban konflik bersenjata di Afghanistan yang berawal di tahun 2001, antara AS dan teroris(usman bin laden, Taliban). AS menggunakan angkatan bersenjata untuk menangani teroris yang menyebabkan mulainnya konflik semakin meluas. Sejak terjadi konflik orang-orang Afghanistan mengahadapi situasi dimana hak mereka dipertaruhkan. Warga sipil, anak-anak terbunuh oleh penembakan exsplosif, penahanan dan pemboman, konflik itu sendiri mengakibatkan krisis kemanusiaan di Afghanistan seperti penderitaan atas kekurangan makanan dan obat, pengungsi, kerusakan infrastruktur, terbunuh dan terlukanya orang-orang Afghanistan.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Peran ICRC dalam memberikan bantuan terhadap korban konflik bersenjata internasional di Afghanistan pada tahun 2013-2016. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan sumber data yang diperoleh dari buku, jurnal, website, dan berita yang valid. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Teori Peran Organisasi Internasional dari Clive Archer dan Konsep Human Security.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peran yang dilakukan oleh ICRC yaitu dengan melakukan tiga perlindungan terhadap kebutuhan yang menjadi hak warga sipil. Pertama keamanan terhadap kesehatan berupa kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan dan proteksi dari penyakit, kedua keamanan pribadi berupa keamanan dari kekerasan fisik dan ancaman kejahatan dan ketiga, keamanan pangan berupa kemudahan akses terhadap nutrisi dasar dan suplai makanan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Rahmah Daniah, S.IP., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

71 total views, 1 views today