STUDI BURUH KERUPUK PEKERJA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN TARAF EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus Buruh Kerupuk Di Loa Bakung Jl. Padat Karya Gang Lobang Tiga RT 83 Samarinda) (Fitri Februari)

March 20, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 20, 2019 @ 10:25 AM
IP: 180.248.92.124

  • 1. Title [Judul]: STUDI BURUH KERUPUK PEKERJA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN TARAF EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus Buruh Kerupuk Di Loa Bakung Jl. Padat Karya Gang Lobang Tiga RT 83 Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fitri Februari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pekerja Perempuan, Ekonomi Keluarga
  • 4. Description [Abstrak] : Partisipasi perempuan dalam dunia kerja, telah memberikan kontribusi yang besar terhadap kesejahteraan keluarga, khususnya bidang ekonomi. Angka perempuan dalam dunia kerja, telah memberikan kontribusi yang besar terhadap kesejahteraan keluarga, khususnya bidang ekonomi. Angka perempuan pekerja di Indonesia dan juga di negara lain masih akan terus meningkat, karena beberapa faktor seperti meningkatnya kesempatan belajar bagi wanita. Penelitian ini mengangkat apakah pekerja perempuan yang bekerja di Industri kerupuk rumahan telah berhasil meningkatkan taraf ekonomi keluarga. Sehingga tujuannya pun beragam, yaitu menjelaskan perbuhanan kesejahteraan perempuan yang bekerja sebelum dan sesudah seperti apa, menjelaskan faktor-faktor perempuan bekerja sebagai buruh kerupuk, dan untuk mengetahui peran ganda perempuan dalam meningkatkan taraf ekonomi keluarga. Dengan dasar Teori Peran Ganda, peneliti menggunakan sebagai landasan dalam penelitian. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengamati dan mewawancarai para informan sesuai dengan keadaan dilapangan. Maka peneliti menemukan asumsi bahwa seorang perempuan yang khususnya sudah menjadi seorang istri kenapa bekerja diluar rumah yaitu, adanya dorongan atau desakan faktor ekonomi dalam keluarga sehingga hal inilah yang memicu seorang perempuan ikut berkecimpung di dunia kerja.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Novita Surya Ningsih, M.A., Dr. Sri Murlianti, M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 Maret 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email