Partisipasi Kelompok Tani dalam Menigkatkan Hasil Pertanian di Desa Jembayan Kec. Loa Kulu Kab. Kutai Kartanegara (Krismawati)

April 25, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 25, 2019 @ 10:45 AM
IP: 182.1.172.179

  • 1. Title [Judul]: Partisipasi Kelompok Tani dalam Menigkatkan Hasil Pertanian di Desa Jembayan Kec. Loa Kulu Kab. Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Krismawati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Partispasi Anggota, Pengambilan, Keputusan
  • 4. Description [Abstrak] : Desa Jembayan sebagai salah satu desa yang berada di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Merupakan desa yang memiliki areal persawahan tadah hujan yang luasnya mencapai 480 ha, berpontesial untuk dilakukan berbagai macam usaha terutama yang berhubungan dengan pertanian. Dalam realitasnya peneliti melihat ada 2 kelompok tani yang mempunyai karakteristik yang berbeda, kelompok pertama setiap anggotanya ikut dalam partisipasi dan kedua lebih kearah otoriter atau kurang partisipasi, hal ini berdampak pada manajemen kinerja kelompok produktivitas hasil produksi anggota kelompok. Kelompok Tani Rukun Damai dan Rukun Lestari yamg tergabung dalam kelompok tani di Desa Jemabayan. Tujuan ini dilakukan untuk mengetahui dan menggambarkan aktivitas partisipasi anggota kelompok tani dalam pengambilan keputusan pada tahap perenanaan, pelaksanaan, evaluasi program dan relasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif umtuk mendeskripsikan partisipasi anggota kelompok tani dalam meningkatkan hasil pertanian baik dalam tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan relasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, kuisioner, dan kajian dokumentasi. Langkah-langkah analisis data setelah data terkumpul meliputi reduksi data, melihat hubungan antar variabel atau fenomena, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa indeks partisipasi anggota kelompok tani Rukun Damai dalam proses pengambilan keputusan termasuk dalam kategori sangat tinggi (3,6) karena semua anggotanya terlibat saat menentukan hasil keputusan. Sedangkan kelompok tani Rukun Lestari termasuk dalam kategori tinggi (2,56). Hasil wawancara menunjukan bahwa anggota kelompok tani Rukun Damai selalu ikut terlibat saat rapat sedang berlangsung dan anggota kelompok tani Rukun Lestari tidak semua anggotanya ikut terlibat dan hanya beberapa saja yang disepakati oleh ketuanya. Saran yang diberikan agar pengurus kedua kelompok tani Rukun Damai dan Rukun Lestari untuk lebih meningkatkan kualitas setiap program kerjanya. Terutama kelompok Tani Rukun Lestari bisa memperbaiki komunikasi agar setiap programnya bisa recapai dengan baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Sutadji. MM Drs. Martinus Nanang, MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 April 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email