STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA DI WILAYAH KELURAHAN BUDAYA PAMPANG KECAMATAN SAMARINDA UTARA (Eka Dian Safitri)

April 26, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 26, 2019 @ 10:01 AM
IP: 36.83.38.185

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA DI WILAYAH KELURAHAN BUDAYA PAMPANG KECAMATAN SAMARINDA UTARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Eka Dian Safitri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, Pengembangan, Analisis SWOT
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisa serta mengidentifikasi strategi pengembangan sebuah destinasi pariwisata di Kelurahan Budaya Pampang Kecamatan Samarinda Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu deskriptif analisis. Jenis data yang digunakan adalah data wawancara dan data observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan alat analisis SWOT (Strength, weakness, opportunity, threats). Menunjukan bahwa, sebuah destinasi pariwisata masih diperlukan sebuah pengembangan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang sesuai dengan pengembangan adalah dengan menggunakan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Yaitu strategi SO, WO, ST, dan WT. Strategi SO yakni, melestarikan atraksi wisata yang ada karena merupakan pariwisata budaya andalan Kota Samarinda, dan membuka lowongan pekerjaan atau membuat open recruitmen bagi masyarakat. Strategi WO yakni, meningkatkan promosi untuk menarik wisatawan. Kedua, melakukan pemberdayaan penyuluhan, dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya daya tarik wisata dan sadar wisata. Ketiga, melakukan renovasi, pembangunan, dan pengembangan fasilitas yang ada di destinasi pariwisata serta fasilitas yang belum ada di destinasi pariwisata. Strategi ST yakni, mengoptimalkan potensi budaya dan keunikan daya tarik wisata secara berkesinambungan untuk menghadapi persaingan antar daya tarik wisata. Startegi WT yakni, melakukan perawatan pada fasilitas-fasilitas yang telah ada dilokasi daya tarik wisata dan pemeliharaan fasilitas yang telah ada dilokasi daya tarik wisata.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Mansyur, S.E.,M.Si dan Fareis Althalets, S.Par.,MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

40 total views, 1 views today