Implementasi Program Gerakan Etam Mengaji di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara (Zakaria Anshori, Muhammad Jamal, Nurhasanah)

May 17, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 17, 2019 @ 10:12 AM
IP: 36.75.33.64

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Program Gerakan Etam Mengaji di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Zakaria Anshori, Muhammad Jamal, Nurhasanah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, gerakan, etam, mengaji, ekstrakurikuler, kelompok, pengajian.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Program Gerakan Etam Mengaji di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat Implementasi Program Gerakan Etam Mengaji di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (dalam Sugiyono 2013). Hasil penelitian menunjukan bahwa Program Gerakan Etam Mengaji belum terimplementasi secara optimal di Kecamatan Loa Kulu karena masi terdapat beberapa pelaksanaan yang belum sesuai dengan teknis pelaksanaan program gerakan etam mengaji yang ada dalam Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2016 tentang Gerakan Etam Mengaji baik itu di sekolah dalam bentuk ekstrakurikuler wajib yang diikuti siswa-siswi beragama Islam, dan juga pada masyarakat umum dalam bentuk kelompok pengajian. Kurangnya sosialisasi dari pemerintah kecamatan sehingga ada sekolah dan juga kelompok pengajian yang bantuk kegiatannya hanya berupa belajar membaca Al-Qur’an dan belum mengetahui bahwa teknis pelaksanaan program gerakan etam mengaji ini adalah belajar membaca dan menulis Al-Qur’an. Kemudian, kurangnya sumberdaya manusia dan juga sumber daya finansial, serta kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung terlaksananya program gerakan etam mengaji seperti Al-Qur’an juga menyebabkan program ini belum berjalan secara optimal.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si/Nur Hasanah, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 Mei 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email