Peran Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam Pengendalian Kuantitas Penduduk Di Provinsi Kalimantan Timur (Ardiansyah, Iman Surya, Budiman)

May 24, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 24, 2019 @ 11:26 AM
IP: 36.83.60.67

  • 1. Title [Judul]: Peran Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam Pengendalian Kuantitas Penduduk Di Provinsi Kalimantan Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ardiansyah, Iman Surya, Budiman
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, pengendalian,penduduk
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peran Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional dalam Pengendalian Kuantitas Penduduk Di Provinsi Kalimantan Timur. Fokus penelitian yang diteliti yaitu Pengendalian Kelahiran dan Penurunan Angka Kematian, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan sekunder melalui observasi, dokumntasi, studi pustaka, dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada dilapangan kemudian dalam penelitian ini pengambilan data dari aparatur di Kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kalimantan Timur, wawancara terhadap informan yang dianggap paling memahami dan mengerti permasalahan ini, serta analisis dokumen yang berhubungan dengan permasalahan pengendalian kuantitas penduduk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, BKKBN Kalimantam Timur dalam pengendalian kuantitas penduduk sudah berperan secara maksimal, itu dapat dilihat dari penguatan akses pelayanan KB (Keluarga Berencana) dengan memberikan pelatihan peningkatan kompetensi Manajerial dan Sosiokultura bagi tenaga Petugas Keluarga Berencana (PKB) dan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), BKKBN juga telah menggelar pertemuan medis tehnis dengan para provider se Provinsi Kaltim, guna menjadi motivator untuk mempengaruhi yang lainnya untuk ber KB. Kemudian BKKBN Kalimantan Timur juga telah memberikan pelatihan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kepada Sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat di Provinsi Kalimantan Timur. BKKBN sudah berupaya secara maksimal dalam mengatasi pengendalian penduduk, adapun kendala yang dihadapi yaitu terdapat beberapa daerah yang jaraknya jauh dan sulit dijangkau, tanpa infrastruktur yang baik, seperti daerah pedalaman, perbatasan dan terpencil sehingga kerap kali kurang mendapatkan pelayanan publik dari pemerintah seperti pelayanan KB , kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Iman Surya, M.Si/Budiman, S.IP., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24 Mei 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email