ANALISIS PENGGUNAAN BAHANBAKU MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) (Studi Pada Home Industry Tahu Tempe Pak Sutani di Marangkayu Kutai Kartanegara) (Dewi Eliyana ,Dr. M. Zaini, M.Si ,Umar Hi Salim, SE., MM)

May 24, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 24, 2019 @ 3:02 PM
IP: 180.248.122.133

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS PENGGUNAAN BAHANBAKU MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) (Studi Pada Home Industry Tahu Tempe Pak Sutani di Marangkayu Kutai Kartanegara)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dewi Eliyana ,Dr. M. Zaini, M.Si ,Umar Hi Salim, SE., MM
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persediaan Ekonomis, Economic Order Quantity (EOQ)
  • 4. Description [Abstrak] : Analisis Penggunaan Bahan Baku Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Studi Pada Home Industry Tahu Tempe Pak Sutani di Marangkayu Kutai Kartanegara. Salah satu masalah yang sering terjadi di perusahaan manufaktur ialah masalah pengelolaan persediaan. Menurut Ristono (2009 : 29) menyatakan bahwa masalah persediaan merupakan masalah yang sangat penting bagi suatu perusahaan karena biasanya lebih kurang 40 % dari total asset perusahaan di investasikan untuk masalah tersebut. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya nya selisih kuantitas dan frekuensi pembelian yang lebih efisien dengan menggunakan metode EOQ, Jumlah Kuantitas Pembelian sebesar 1.521 Kg dengan frekuensi pembelian sebanyak 31 kali serta persediaan pengaman di gudang sebanyak 5 Kg per sekali pembelian dan pemesanan ulang dilakukan ketika persediaan digudang sebesar 198 Kg total inventory cost (TIC) menurut perhitungan EOQ sebesar Rp 32.960.328,-. Sedangkan yang selama ini Home Industry Terapkan sebesar Rp 46.678.383,-. Jadi efisiensi yang dapat dihasilkan adalah sebesar Rp 13.715.055,-.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. M. Zaini, M.Si dan Umar Hi Salim, SE., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email