PERSEPSI MASYARAKAT SAMARINDA TERHADAP PROFESI POLISI PADA PROGRAM ACARA 86 DI NET TV (M.Erza Kurniawan, Hairunisa, Sarwo Edy Wibowo)

May 29, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 29, 2019 @ 11:50 AM
IP: 180.248.123.100

  • 1. Title [Judul]: PERSEPSI MASYARAKAT SAMARINDA TERHADAP PROFESI POLISI PADA PROGRAM ACARA 86 DI NET TV
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: M.Erza Kurniawan, Hairunisa, Sarwo Edy Wibowo
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi Masyarakat, Profesi Polisi, Program Acara 86 NET TV.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis persepsi masyarakat Samarinda terhadap profesi polisi pada program acara 86 di NET TV.Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi data primer yang diperoleh peneliti secara langsung dari informan yaitu informan kunci (key informan) dalam penelitian ini yaitu mahasiswa di Universitas Mulawarman yang mengetahui program acara 86 di NET TV. Informan pendukung yaitu Kabag Humas Polresta Samarinda. Teknik pengumpulan data yaitu field work research meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyerapan terhadap rangsang atau objek dari luar individu, dilihat dari gambaran program acara 86 di NET TV diketahui bahwa program acara 86 di NET TV baik karena dapat membangun citra baik polisi di mata khalayak masyarakat luas dan memberikan informasi terjadinya kriminal di kota-kota besar di Indonesia dengan memberikan tayangan positif untuk masyarakat. Dengan adanya tayangan tersebut membuat masyarakat yang sebelumnya beranggapan buruk terhadap polisi menjadi baik karena adanya bukti langsung ditayangan 86. Pengertian atau pemahaman mengenai program acara 86 di NET TV diketahui bahwa tujuan ditayangkannya program acara 86 di NET TV merupakan program reality show yang diproduksi secara kerjasama antara NET TV dan Kepolisian Negara Republik Indonesia mengenai keseharian beberapa anggota polisi khususnya dalam pelayanan pembuatan SIM. Adapun pencitraan polisi yang ingin digambarkan dalam program acara 86 di NET TV berupa polisi yang mampu secara tidak langsung memberikan pelajaran dan nasihat kepada setiap yang menyaksikan dan menonton program 86 ini. Penilaian atau evaluasi program acara 86 di NET TV ini, telah mampu memberikan dan menampilkan sisi edukasi bagi para pemirsanya. Dimana pandangan masyarakat terhadap polisi dicitrakan dalam melaksanakan tugasnya mereka bekerja dengan sangat handal, profesional dan andil.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunisa, S.Sos., MM dan Sarwo Edy Wibowo, A.Ikom., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email