PELAYANAN PENDISTRIBUSIAN AIR BERSIH OLEH PDAM TIRTA MAHAKAM RANTING BUKIT PARIAMANDIDESA KERTA BUANA KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG (Debora Sihotang)

June 18, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 18, 2019 @ 11:49 AM
IP: 180.248.227.176

  • 1. Title [Judul]: PELAYANAN PENDISTRIBUSIAN AIR BERSIH OLEH PDAM TIRTA MAHAKAM RANTING BUKIT PARIAMANDIDESA KERTA BUANA KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Debora Sihotang
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Publik, Pendistribusian PDAM
  • 4. Description [Abstrak] : Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu jenis penelitian yang mengambarkan keadaan atau objek penelitian pada masa sekarang berdasarkan pada faktor-faktor yang tampak atau sebagaimana adanya. Fokus penelitian ini adalah : 1. Kualitas Air yaitu air yang didistribusikan harus sesuai standar kesehatan, 2. Kontinuitas Air yaitu dapat mendistibusikan air secara terus menerus, 3. Sumber Daya Manusia, yaitu jumlah pegawai harus mencukupi di dalam menangani keluhan mengenai masalah distribusi, 4. Daya Tanggap, yaitu pegawai harus cepat tanggap didalam menyelesaikan permasalahan distribusi, 5. Kuantitas Air yaitu jumlah air harus dapat mencukupi kebutuhan air pelanggan. Hasil penelitian yang didapatkan penulis bahwa Pelayanan Pendistribusian Air Bersih Oleh PDAM Tirta Mahakam Ranting Bukit Pariaman di Desa Kerta Buana Kecamatan Tenggarong Seberang antara lain dilihat dari Kualitas Air masih cenderung keruh, licin, dan kotor. Kontinuitas Air disebagian wilayah seperti daratan tinggi, mereka masih kesulitan untuk mendapatkan air. Sumber Daya Manusia yang disediakan oleh PDAM sangat mencukupi karena setiap pegawai bekerja saling berkoordinasi. Daya Tanggap masih kurang terutama untuk menangani permasalahan kebocoran pipa di tempat umum. Kuantitas Air dinilai cukup baik karena di beberapa wilayah pelanggan merasa puas dan nyaman akan pelayanan yang diberikan PDAM.Sementara itu masih terdapat juga beberapa kendala yang dihadapi PDAM seperti medan atau topografi wilayah Desa Kerta Buana yang berbeda-beda sehingga sulit untuk mendistribusikan air diwilayah pegunungan, pembiayaan yang kurang dari PDAM pusat sehingga sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti pipa dan pompa air dan kesulitan yang dihadapi PDAM dalam mengolah air baku.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dini Zulfiani, Sos, M.S dan Hj. Hariati, Sos, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

55 total views, 1 views today