Pengaruh Sengketa Kepulauan Senkaku pada Perdagangan Jepang ke Cina pada 2012-2013 (Ronny Arhans)

July 19, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 19, 2019 @ 3:01 PM
IP: 125.167.207.101

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Sengketa Kepulauan Senkaku pada Perdagangan Jepang ke Cina pada 2012-2013
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ronny Arhans
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kepulauan Senkaku, Konflik Jepang-Cina, Perdagangan Jepang-Cina
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sengketa Kepulauan Senkaku pada perdagangan Jepang ke Cina. Masalah ini dianalisis dengan menggunakan Teori Konflik dan Konsep Embargo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif sebab akibat, untuk menganalisis akibat dari sengketa Kepulauan Senkaku pada perdagangan Jepang ke Cina. Data-data yang disajikan adalah data sekunder yang diperoleh melalui telaah pustaka dan literatur-literatur seperti buku, jurnal, internet, dan lain-lain. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif yakni dengan menganalisa data sekunder atau sumber-sumber pustaka untuk menjelaskan fenomena atau kejadian yang terjadi.
    Penelitian ini menganalisis konflik antara Jepang dan Cina dalam hal memperebutkan hak dan kedaulatan atas Kepulauan Senkaku. Konflik yang terjadi telah lama dan tidak kunjung selesai kemudian mengancam keharmonisan kedua negara yang telah terjalin selama 40 tahun semenjak normalisasi dimulai dan terancam akan terputusnya kerjasama kedua negara. Konflik kemudian semakin memburuk hingga kemudian Cina mengeluarkan kebijakan untuk melakukan embargo ke Jepang dan mengakibatkan kerugian ekonomi bagi Jepang. Kerugian ekonomi yang dialami Jepang adalah adanya penurunan pendapatan dari ekspor ke Cina akibat konflik serta berkurangnya sumber daya alam yang Jepang dapatkan. Jepang yang mengalami kerugian inipun harus mencari pasar alternatif untuk tetap dapat menjadi negara yang memiliki ekonomi kuat di dunia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Enny Fathurachmi, S.IP, M.Si dan Dadang Ilham Kurniawan Mujiono, S.Sos., MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email