Pengaruh Mengunjungi Tempat Hiburan Malam Muse Samarinda Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman) (Nurzhifah,Endang Erawan,Ghufron )

August 14, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 14, 2019 @ 3:25 PM
IP: 110.137.216.96

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Mengunjungi Tempat Hiburan Malam Muse Samarinda Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nurzhifah,Endang Erawan,Ghufron
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengaruh, Hiburan Malam, Mahasiswa.
  • 4. Description [Abstrak] : Pergaulan yang paling mencolok pada kehidupan remaja saat ini yaitu pada kehidupan malamnya. Keadaan ini juga didukung oleh munculnya tempat hiburan malam (diskotik) pada daerah perkotaan. Hal ini menjadi perhatian untuk mengetahui lebih jauh lagi kehidupan malam kawula muda, khususnya yang hidup di daerah perkotaan. Dengan adanya faktor hubungan sosial atau pergaulan, kemudian mempengaruhi mereka untuk mengadopsi gaya pergaulan untuk mengunjungi diskotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh mengunjungi tempat hiburan malam terhadap gaya hidup mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Muse Entertainment Centre Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara mengunjungi tempat hiburan malam terhadap gaya hidup mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Hal ini sesuai dengan teori behaviorisme pada ilmu psikologi komunikasi yang menjelaskan tentang penyebab dari perilaku manusia, yang dikendalikan oleh faktor-faktor lingkungannya sendiri, bahwa mahasiswa tertarik mengunjungi tempat hiburan malam untuk sarana relaksasi mahasiswa dan dikarenakan salah satu faktor yaitu karena ajakan dari teman. Berdasarkan teori dan hasil penelitian memiliki kesamaan dan terbukti bahwa mengunjungi tempat hiburan malam berpengaruh terhadap gaya hidup mahsiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si Drs. Ghufron, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 14 Agustus 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

47 total views, 1 views today