SIKAP ORANG TUA TERHADAP PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SAMARINDA ((A. ROHMA HALIM , ERWIN RESMAWAN , SUGANDI) (Halim, A.Rohma)

September 20, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Sep 20, 2019 @ 9:34 AM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: SIKAP ORANG TUA TERHADAP PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SAMARINDA ((A. ROHMA HALIM , ERWIN RESMAWAN , SUGANDI)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Halim, A.Rohma
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: sikap orang tua,penerapan full day school
  • 4. Description [Abstrak] : Sikap Orang Tua Terhadap Penerapan Full Day School Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Dr.Erwin Resmawan, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Dr.Sugandi, M.Si selaku pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Untuk menanamkan pendidikan karakter disekolah, menteri pendidikan Bapak Muhadjir Effendy membuat kebijakan atau peraturan baru kepada lembaga pendidian untuk menerapkan full day school disekolah yang ada dengan bertujuan untuk membentuk karakter, kepribadian, serta mengembangkan potensi para siswa. Ide awal penelitian ini berangkat dari apa yang telah disampaikan oleh bapak menteri membuat para orang tua dan sekolah pro dan kontra akan kebijakan baru yang dibuat. Artikel ini berisi tentang studi terhadap penerapan full day school disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap orang tua terhadap penerapan full day school. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Samarinda. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan berupa observasi, wawancara, dan penelitian dokumen-dokumen terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para orang tua dapat menerima dengan baik dan memberikan sikap yang positif terhadap penerapan full day school disekolah. Karena banyak hal yang baik didapatkan disekolah dengan adanya peraturan baru yang diterapkan disekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya kebijakan baru mengenai full day school diterapkan disekolah membuat para orang tua tidak memandang negatif lagi karna dengan adanya penerapan baru ini membuat para siswa menjadi lebih baik dalam kegiatan yang dilakukan disekolah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si, Drs. Sugandi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 18 September 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

37 total views, 2 views today