Pengelolaan Aset Desa Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat di Desa Suliliran Baru Kecamatan Paser Belengkong Kabupaten Paser (Noor Hayati)

October 15, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 15, 2019 @ 10:32 AM
IP: 180.248.122.100

  • 1. Title [Judul]: Pengelolaan Aset Desa Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat di Desa Suliliran Baru Kecamatan Paser Belengkong Kabupaten Paser
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Noor Hayati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Manajemen, Kesejahteraan Masyarakat, Pengelolaan Aset Desa
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan aset desa dan faktor yang menghambat pengelolaan aset desa di Desa Suliliran Baru Kecamatan Paser Belengkong Kabupaten Paser. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah: 1. Pengelolaan aset desa meliputi : a. Pengadaan Aset Desa; b. Pemanfaatan Aset Desa; c. Pengamanan Aset Desa; d. Pemeliharaan Aset Desa; e. Pemindahtanganan Aset Desa; f. Pembinaan dan Pengawasan Aset Desa. 2. Faktor penghambat terhadap pengelolaan aset desa di Desa Suliliran Baru Kecamatan Paser Belengkong Kabupaten Paser. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Data primer diperoleh melalui key informan dalam penelitian ini adalah Kasi Pengembangan Pemberdayaan Desa Bidang Aset Desa Kabupaten Paser, dan Informan yang terdiri dari 7 narasumber yaitu Kepala Desa dan staf/pegawai Kantor Desa Suliliran Baru. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen di Kantor Desa Suliliran Baru. Selanjutnya, dianalisis dengan menggunakan Analisis Data Kualitatif Model Interaktif dari Miles and Hubberman. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pengelolaan aset desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat di Desa Suliliran Baru Kecamatan Paser Belengkong Kabupaten Paser belum maksimal dilaksanakan. Karena dari enam pengelolaan aset desa upaya yang dilakukan pemerintah desa belum mampu memberikan kontribusi yang maksimal kepada masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi dalam pengelolaan aset desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat yaitu kurangnya kompetensi SDM tentang pengelolaan aset desa, kurangnya biaya operasional, tidak adanya kendaraan operasional pihak kabupaten, kurang kesadaran dan kepekaan semangat gotong royong masyrakat, dan kepastian hukum yang belum maksimal.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr.Enos Paselle, M.AP dan Dr. Santi Rande, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email