REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM IKLAN WRP ON THE GO UNTUK MEMBENTUK CITRA PEREMPUAN CANTIK (Bella Yunita, Endang Erawan, Nurliah)

October 16, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 16, 2019 @ 2:15 PM
IP: 36.83.52.216

  • 1. Title [Judul]: REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM IKLAN WRP ON THE GO UNTUK MEMBENTUK CITRA PEREMPUAN CANTIK
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Bella Yunita, Endang Erawan, Nurliah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Representasi, Kecantikan, Iklan WRP On The Go, Citra Perempuan, Cantik.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif representatif. Metode ini diarahkan pada latar belakang dan individu tersebut secara utuh, sehingga penelitian kualitatif juga berusaha untuk memahami pembentukan makna dalam diri seseorang sehingga relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini memaparkan secara menyeluruh tanda-tanda iklan WRP On The Go yang mempresentasikan kecantikan wanita pada tokoh utama iklan tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif interpretatif.
    Dari hasil penelitian, peneliti menemukan banyak gambaran perempuan cantik yang digambarkan oleh keempat model iklan WRP On The Go melalui Ukuran dan bentuk tubuh, Tata rias ( Makeup), Pakaian, Bahasa (verbal dan non verbal), rambut, dan warna kulit. Perempuan dituntut untuk mengikuti norma-norma feminin yang telah berakar dalam masyarakat. Norma penampilan feminin (norm of feminine appearance) meliputi semua aspek fisik perempuan (tubuh, wajah, pakaian, serta gerakan). Agar dapat diterima dalam masyarakat perempuan harus mengikuti standar kecantikan yang berlaku dalam masyarakat yakni dinilai secara fisik, yang didukung oleh media massa melalui peneguhan standar tersebut dalam pesan maupun visual iklan.
    WRP menunjukkan gambaran kecantikan lewat iklan yang dibuatnya yaitu, perempuan cantik adalah perempuan feminim yang memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang ideal yaitu langsing, tidak berlemak, kencang, berperut datar, dan selalu sigap.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si & Nurliah, S.Sos., M.kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 Oktober 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email