GAYA KOMUNIKASI PENGEMUDI GO-RIDE DENGAN PELANGGAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN JASA TRANSPORTASI DI KOTA SAMARINDA (Fatimah Salma, Erwiantono, Kadek Dristiana )

October 17, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 17, 2019 @ 1:04 PM
IP: 36.83.52.216

  • 1. Title [Judul]: GAYA KOMUNIKASI PENGEMUDI GO-RIDE DENGAN PELANGGAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN JASA TRANSPORTASI DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fatimah Salma, Erwiantono, Kadek Dristiana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Gaya Komunikasi, Pengemudi Go-Ride, Pelanggan, Layanan Jasa
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana gaya komunikasi yang diterapkan oleh pengemudi Go-Ride serta memberikan solusi untuk penyelesaian masalah dalam memberikan layanan jasa transportasi kepada pelanggan.
    Setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dalam menyampaikan pesan kepada orang lain. Hal tersebut mempengaruhi cara berkomunikasi seseorang baik dalam bentuk perilaku maupun perbuatan atau tindakan. Cara berkomunikasi tersebut disebut dengan gaya komunikasi. Menggunakan gaya komunikasi yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan dan hal tersebut mempengaruhi pelanggan atau konsumen memberikan keputusan dalam menilai tingkat layanan yang diberikan oleh pemberi jasa dalam hal ini pengemudi Go-Ride.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam memilih narasumber dengan kriteria tertentu.
    Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dari enam gaya komunikasi, hanya terdapat empat gaya komunikasi yang diterpakan oleh pengemudi Go-Ride di Kota Samarinda. Gaya Komunikasi tersebut yaitu : The Controlling Style, The Equalitarian Style, The Structuring Style dan The Withdrawal Style. Namun, dari keempat gaya komunikasi tersebut, penggunaan gaya komunikasi the controlling style mendapat respon negatif dari pelanggan. Sedangkan gaya komunikasi yang cenderung sering digunakan yaitu the stucturing style.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwiantono, S.Pi., M.Si & Kadek Dristiana, S.Sos., M.Med., Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 Oktober 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email