Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Desa Modang Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser) (Aditya Herlambang)

October 18, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 18, 2019 @ 1:22 AM
IP: 114.125.219.141

  • 1. Title [Judul]: Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Desa Modang Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Aditya Herlambang
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: PNPM Mandiri Pedesaan, Pemberdayaan, Kesejahteraan.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan PNPM Pedesaan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan PNPM Pedesaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Modang, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi di Desa Modang tempat penelitian berlangsung. Adapun wawancara dilakukan mulai Ketua pengurus PNPM Kecamatan, kantor desa serta masyarakat Desa Modang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan PNPM Pedesaan ini dianggap gagal dalam menciptakan program pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dilihat dari tingkat kesejahteraan masyarakatnya, rata-rata masyarakat desa Modang masih berada pada tingkat keluarga sejahtera tahap I, yang mana masyarakat hanya mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan PNPM ini antara lain; 1) kurangnya informasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bantuan kegiatan dalam PNPM Pedesaan, 2) Masyarakat merasa kesulitan dalam pengangsuran pinjaman dari program SPP sehingga menyebabkan kemacetan angsuran pada salah satu kelompok, 3) masyarakat kurang mengerti tentang potensi yang ada di desa Modang sehingga pengambilan keputusan program kegiatan pembangunan menjadi kurang efektif. Oleh karena itu, peran dan fungsi dari pemerintah daerah dan BKM/LKM (Badan/Lembaga Keswadayaan Masyarakat) sebagai pelaksana program sangatlah penting dalam pelaksanaan PNMP Pedesaan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Badruddin Nasir, M.Si, Ratna Purba. MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 18 Oktober 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email