Dampak Perpindahan Lokasi Pasar terhadap Perubahan Sosial Pedagang Pasar Olah Bebaya Melak Kabupaten Kutai Barat (Risky Wahyudi)

November 8, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 8, 2019 @ 8:14 AM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Dampak Perpindahan Lokasi Pasar terhadap Perubahan Sosial Pedagang Pasar Olah Bebaya Melak Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Risky Wahyudi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perpindahan Lokasi Pasar, Perubahan Sosial.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untun mengetahui dan mendeskripsikan dampak yang terjadi kepada para Pedagang akibat perpindahan lokasi pasar Olah Bebaya Melak. Perpindahan lokasi Pasar Olah Bebaya ini mengakibatkan perubahan pada pendapatan para pedagang dan hubungan antar pedagang. Perubahan yang terjadi pada pedagang Pasar Olah bebaya inilah yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis data dalam metode ini ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan Tally, yaitu menghitung jumlah atau frekuensi dari masing-masing jawaban. Landasan teori yang digunakan yaitu; Konsep Relokasi, Konsep Sosiologi Pasar, Perubahan Sosial dan Konsep Hubungan Sosial. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu; (1) Perubahan pendapatan pedagang (2) Perubahan hubungan antar pedagang. Penentuan informan dalam penelitian ini dipilih secara Purposive yaitu pemilihan informan ditentukan sendiri oleh peneliti sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa perpindahan lokasi Pasar Olah Bebaya Melak sangat memberikan dampak terhadap tingkat pendapatan para pedagang pasar, dikarenakan lokasi pasar baru lebih jauh dari pemukiman warga sehingga membuat para pembeli enggan untuk datang kepasar, hal ini menyebabkan pendapatan pedagang berkurang setengahnya dibandingkan ketika masih berjualan di lokasi pasar lama. Sedangkan untuk hal hubungan antar pedagang pasar tidak begitu mengalami perubahan yang signifikan seperti pendapatan. Poin hubungan pedagang yang diteliti adalah, konflik antar pedagang, persaingan antar pedagang, kerjasama antar pedagang, tingkat kenyamanan, dan sarana pra sarana di pasar baru.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS., Drs. H. Massad Hatuwe. M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 8 November 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

17 total views, 2 views today