Studi Tentang Pelaksanaan Program Sosial Bank Indonesia dalam Pemberdayaan Melalui Program Mini University di Kota Samarinda (Heni Erawati)

November 25, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 25, 2019 @ 2:26 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Studi Tentang Pelaksanaan Program Sosial Bank Indonesia dalam Pemberdayaan Melalui Program Mini University di Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Heni Erawati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelaksanaan, Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), Mini University.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Sosial Bank Indonesia dalam Pemberdayaan Melalui Program Mini University di Kota Samarinda dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat terealisasinya pelaksanaan Program Sosial Bank Indonesia dalam Pemberdayaan Melalui Program Mini University di Kota Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (dalam Sugiyono 2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang terimplementasi dalam program Mini University yang dijalankan oleh Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur sudah terlaksana, 4 (empat) dari 533 peserta Mini University yang berasal dari Kota Samarinda mengalami dampak kenaikan omset dan sudah berhasil memiliki lapangan pekerjaan yang mandiri. Akan tetapi, apabila dibandingkan dengan jumlah pengangguran dan jumlah penduduk miskin di Kota Samarinda yang diketahui dalam kurun waktu delapan tahun terakhir terus mengalami kenaikan, maka program tersebut dapat dikatakan belum memberikan dampak yang maksimal terhadap perkembangan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kota Samarinda. Ketidakmaksimalan tersebut dikarenakan rendahnya kemampuan pengelolaan usaha yang disebabkan oleh rendahnya kualitas sumber daya manusia dan terbatasnya akses Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kepada sumber daya produktif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rita Kala Linggi, M.Si, Budiman, S.IP., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 November 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

21 total views, 1 views today