Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Remaja Mengonsumsi Minuman Beralkohol (Studi Kasus di Muso Salim Kelurahan Karang Mumus Kecamatan Samarinda Kota). (Fazari S Sam)

December 16, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 16, 2019 @ 11:18 AM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Remaja Mengonsumsi Minuman Beralkohol (Studi Kasus di Muso Salim Kelurahan Karang Mumus Kecamatan Samarinda Kota).
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fazari S Sam
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Faktor yang Melatarbelakangi, Minuman Beralkohol
  • 4. Description [Abstrak] : Hal yang melatar belakangi ialah remaja yang mengonsumsi minuman beralkohol yang dilakukan secara berkelompok di Muso Salim. Remaja hampir setiap hari mengonsumsi minuman beralkohol, tetapi ada beberapa remaja yang hanya sesekali atau kadang-kadang mengonsumsinya saat mengonsumsi minuman beralkohol, sehingga apa yang menjadi faktor yang melatarbelakangi remaja mengonsumsi minuman beralkohol menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Faktor-faktor yang melatarbelakangi remaja mengonsumsi minuman beralkohol. Teknik analisis data dalam metode ini ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu; (1) Faktor Keluarga (2) Faktor Individu (3) Faktor Kelompok Teman Sebaya (4) Faktor Kesempatan. Penelitian ini menggunakan tekhnik penelitian Purposive Sampling yaitu bertanya kepada informan yang dianggap paling tahu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang melatarbelakangi remaja mengonsumsi minuman beralkohol adalah faktor keluarga, faktor keluarga sebagai salah satu penyebab terjadinya penyimpangan tingkah laku seorang anak yaitu minum-minuman beralkohol karena hubungan antar anggota keluarga yang kurang harmonis. Selain itu faktor individu, penggunaan minuman beralkohol dikalangan remaja pada umumnya karena rasa ingin tahu dengan tindakan mencoba-coba menghilangkan permasalahan yang sedang mereka hadapi, menghilangkan kesedihan, mengatasi setres, menyesuaikan diri dengan teman sebayanya dan menahan rasa marah yang tertanam di hati mereka. Faktor kelompok teman sebaya, teman yang lebih berpengalaman dalam mengenal minuman beralkohol akan mempengaruhi teman yang lain, dan yang belum pernah merasakan minuman beralkohol akan penasaran dengan rasa dari minuman tersebut. Dan faktor kesempatan, para remaja biasanya membeli minuman beralkohol di kios-kios atau warung yang terletak dipinggir jalan, yang menjual rokok, makanan ringan, dan bensin secara eceran.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Hartutiningsih, MS. Drs. H. Badruddin Nasir, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 Desember 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email