EFEKTIVITAS PELAYANAN RAWAT INAP BAGI PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS LEMPAKE KOTA SAMARINDA (Annisa Nur Fitriani)

January 13, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 13, 2020 @ 3:41 PM
IP: 125.160.64.12

  • 1. Title [Judul]: EFEKTIVITAS PELAYANAN RAWAT INAP BAGI PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS LEMPAKE KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Annisa Nur Fitriani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, Rawat Inap, Program BPJS Kesehatan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini betujuan untuk menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui Efektivitas Pelayanan Rawat Inap bagi Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Lempake Kota Samarinda dan Faktor Pendukung maupun Faktor Penghambat yang berfokus pada teori Efektivitas menurut Handoko (2003:100) yaitu Efektivitas Biaya, Ketepatan Waktu, Ketepatan dan Objektivitas, Akuntabilitas, Kegunaan, dan Ruang Lingkup. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Puskesmas Lempake Kota Samarinda, kemudian dilakukan upaya observasi dan bertemu langsung melalui wawancara dengan beberapa pasien dan pegawai Puskesmas Lempake sebagai informan dan Kepala Puskesmas Lempake sebagai Key Informan melalui metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BPJS Kesehatan pada pasien rawat inap belum berjalan secara efektif, yang mana hal ini dinilai dari belum terlaksananya beberapa karakteristik efektivitas dimana, masih terdapat pasien yang mengeluarkan biaya karena diharuskan membeli obat di Apotek luar yang disebabkan stok obat yang kosong, keluhan pasien yang mengantri lama pada proses pemeriksaan, ketidakramahan petugas dalam menangani keluhan pasien, dan sarana berupa mobil ambulan dan alat medis EKG lalu prasarana berupa kamar mandi khusus kamar inap yang belum memadai. Hal ini dikarenakan berbagai faktor penghambat, seperti kurangnya koordinasi antara pihak Puskesmas dengan Dinas Kesehatan, sumber daya manusia sebagai tenaga pelaksana pelayanan Puskesmas Lempake, dan kekuranglengkapan pada beberapa sarana dan prasarana.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si dan Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

15 total views, 1 views today