STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENERAPAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI PT. BORNEO TRI PUTRA (Dimas Fahreza)

January 17, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 17, 2020 @ 1:36 AM
IP: 114.122.205.110

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENERAPAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI PT. BORNEO TRI PUTRA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dimas Fahreza
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Komunikasi, Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Sosialisasi.
  • 4. Description [Abstrak] : Strategi Komunikasi Dalam Penerapan Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pekerja Di PT. Borneo Tri Putra (Studi Kasus Proyek Pemasangan Jaringan Listrik), dibawah bimbingan Bapak Drs. Sugandi, M.Si sebagai Pembimbing I dan Ibu Nurliah, S.Sos., M.I.Kom sebagai Pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji, mengetahui, mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh PT. Borneo Tri Putra sebagai kontraktor pelaksana konstruksi elektrikal mekanikal dalam menyosialisasikan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja pekerja ketika berada di lingkungan proyek.
    Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian observasi dan wawancara dan berusaha menggambarkan atau menjabarkan obyek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada dilapangan dengan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan informan sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan data sekunder melalui wawancara, dokumentasi, buku-buku dan internet, kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis (Interactive model of analysis)dikembangkan oleh Matthew B. Miles, A. Michael Huberman dan Johnny Saldana (2014).
    Hasil dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan PT. Borneo Tri Putra dalam menyosialisasikan prosedur sistem keselamatan dan kesehatan kerja yaitu dengan menggunakan media serta kegiatan yang dinilai efektif dalam menyosialisasikan prosedur tersebut pada pekerjanya. Strategi komunikasi yang dilakukan melalui Media Internal yaitu media cetak berupa (poster dan spanduk).Dari semua kegiatan tersebut merupakan suatu usaha sosialisasi untuk dan diterapkan oleh pekerja di perusahaan kontraktor konstruksi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si, Nurliah, S.Sos., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

38 total views, 1 views today