Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kelurahan Berbas Tengah Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang (Iska Aprilya Wulandari)

January 21, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 21, 2020 @ 2:30 PM
IP: 125.160.65.193

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kelurahan Berbas Tengah Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Iska Aprilya Wulandari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Program Kota Tanpa Kumuh, Kelurahan Berbas Tengah
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dan mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam mengimplementasikan Program KOTAKU. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Berbas Tengah Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, fokus penelitian berdasarkan teori Van Meter dan Van Horn yaitu standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, hubungan antar organisasi, karakteristik agen pelaksana, kondisi sosial dan ekonomi dan disposisi. Dalam penelitian ini yang menjadi key informan adalah Ketua Lembaga Keswadayaan Masyarakat Kelurahan Berbas Tengah, sedangkan yang menjadi informan adalah Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Bontang, Lurah Berbas Tengah, Kelompok Swadaya Masyarakat, Ketua RT Kelurahan Berbas Tengah dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Impelementasi Program KOTAKU belum berjalan dengan baik dalam mewujudkan kawasan lingkungan bebas permukiman kumuh dan apabila dikaitkan dengan pencapaian tujuan belum optimal dikarenakan adanya faktor-faktor penghambat dalam implementasi program KOTAKU seperti belum tercapainya sasaran program, terbatasnya koordinasi antar intansi pelaksana tingkat kabupaten/kota dengan kelurahan, tidak adanya monitoring untuk memastikan ketepatan kualitas bantuan dan kurangnya partisipasi masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Syahrani, M.Si dan Dr. Enos Paselle, M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

23 total views, 1 views today