STRATEGI DAN PERJUANGAN PENGRAJIN HOME INDUSTRY BATU BATA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI DESA GUNUNG REJO KECAMATAN WAYLIMA KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG (Febri Arianto)

February 13, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 13, 2020 @ 3:04 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI DAN PERJUANGAN PENGRAJIN HOME INDUSTRY BATU BATA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI DESA GUNUNG REJO KECAMATAN WAYLIMA KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Febri Arianto
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, Perjungan. Eksitensi, pengrajin
  • 4. Description [Abstrak] : Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif karena dalam penelitian ini penulis mengadakan penggambaran mengenai situasi, kejadian dan fakta-fakta yang ada lapangan. Penulis juga menggunakan informan sebanyak 6 orang, 3 orang pengrajin batu bata dengan karakter sebagai pekerjaan utama, dan 3 orang pengrajin yang menjadikan pekerjaan sampingan. Dalam teknik pengumpulan data penulis menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori Pierre Bourdieu sosiolog dari Perancis tentang Praktik saya gunakan untuk menjelaskan tentang praktik persaingan dalam ranah bisnis di desa gunung rejo. Teori bourdieu yang membantu saya untuk menjelaskan tentang modal-modal yang dapat di gunakan para pengrajin batu bata dalam mempertahankan usahanya. Di dalam sebuah praktiknya pengrajin batu bata tidak hanya menggunakan satu modal saja, melainkan menggunkan modal sosial, modal budaya, dan modal simbolik, dalam mengatur waktu keseharian sebagai pengrajin batu bata meliputi, waktu produksi, pengeringan, pembakaran, seleksi batu bata dan pemasaran, pengumpulan modal para pengrajin batu bata di dapat dari modal yang dimiliki sendiri atau menggunakan pihak ketiga sebagai pinjaman, seperti bank dan pegadaian, pengkonversian modal pengrajin batu bata meliputi modal budaya ke modal ke modal social, konversi modal material ke modal simbolik serta modal social konversi ke modal material, hal ini merupakan sebuah strategi pengrajin batu bata yang bertujuan untuk mempertahnkan eksistensinya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sri Murlianti, M. Si, Sarifudin, S.Sos.,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 13 Februari 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

13 total views, 3 views today