Implementasi kebijakan uang kuliah tunggal di Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Mulawarman tahun 2016 (Darmawansyah)

February 14, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Darmawan, Wawan
On: Feb 14, 2020 @ 11:33 AM
IP: 125.160.66.217

  • 1. Title [Judul]: Implementasi kebijakan uang kuliah tunggal di Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Mulawarman tahun 2016
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Darmawansyah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, kebijakan, uang kuliah tunggal
  • 4. Description [Abstrak] : Latar belakang, Kenaikan Uang Kuliah Tunggal dari tahun 2013 hingga 2016 memiliki dampak cukup besar pada mahasiswa dan proses penetapan UKT, Evaluasi UKT yang tidak transparan kepada publik, Sehingga terjadi perbedaan pendapat mahasiswa dan birokrasi kampus terhadap Persoalan UKT UKT secara keseluruhan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaiman Implementasi Kebijakan UKT (Uang Kuliah Tunggal) di Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu politik Universitas Mulawarman Tahun 2016. Adapun yang melatarbelakangi Penelitian ini adalah UKT Mulai diterapkan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia oleh pemerintah pada tahun 2013 sesuai dengan Permendikbud Nomor 55 Tahun 2013 Tentang Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT), Setiap tahunnya hingga tahun 2016 UKT memiliki kenaikan harga dari Rp. 500.000 hingga Rp. 45.000.000/per semester, sehingga menuai banyak polemik oleh kalangan mahasiswa dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan prosedur dan mekanisme perumusan kebijakan UKT, Menjelaskan prosedur dan mekanisme evaluasi dan revisi kebijakan UKT, Menggambarkan distribusi UKT Mahasiswa dan Mengetahui Persepsi Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat 7 Informan Mahasiswa yang terbagagi dari masing-masing program studi, dan 3 Informan Birokrasi/Pejabat Kampus yaitu Kepala BUK (Bidang Sdm, Umum, dan Keungan) Wakil Dekan II Fisipol dan Dekan Fisipol. Teknik pengumpulan data menggungakan teknik participant observation, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini Teori yang digunakan adalah Kapitalisme Pendidikan dengan Teori pendukung yaitu Komersialisasi pendidikan yang secara singkat menjelaskan pendidikan sebagai komoditas/barang yang di perjual belikan sehingga sulit untuk di akses oleh masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sri Murlianti, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email