INTERAKSI KOMUNIKASI ANTARA PEDAGANG YANG BERBEDA BUDAYA DI PASAR TRADISIONAL SEGIRI SAMARINDA (Mohamat Agung Nugroho, Endang Erawan, Sri Murlianti)

February 24, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 24, 2020 @ 11:07 AM
IP: 125.160.65.224

  • 1. Title [Judul]: INTERAKSI KOMUNIKASI ANTARA PEDAGANG YANG BERBEDA BUDAYA DI PASAR TRADISIONAL SEGIRI SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Mohamat Agung Nugroho, Endang Erawan, Sri Murlianti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Interaksi Komunikasi Antara Pedagang Yang Berbeda Budaya Di Pasar Tradisional Se
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana interaksi para pedagang yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda – beda di Pasar Tradisional Segiri Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang disajikan melalui observasi dan wawancara menggunakan data primer yaitu sumber data informan yakni para pedagang di Pasar Tradisional Segiri, buku-buku dan juga jurnal yang di download melalui internet dan dari beberapa file-file dokumentasi yang bisa didapatkan secara langsung di UPTD Pasar Segiri Samarinda. Kemudian teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif dari Matthew B. Miles, A. Michael bisa didapatkan secara Huberman dan Johnny Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Strategi Komunikasi konvegensi dan divergensi benar adanya saat para pedagang ini berinteraksi satu sama lainnya. Dimana dari 10 narasumber yang diteliti, 6 (enam) pedagang sering memberlakukan strategi komunikasi konvergensi secara tidak langsung dengan melihat adanya pendekatan – pendekatan saat mereka berinteraksi mulai dari pendekatan secara bahasa, dialek, intonasi, pola pikir, dan gerak tubuh. Dan 4 (empat) sisanya menerapkan pendekatan strategi komunikasi divergensi dalam interaksinya yang dimana mereka masih mempertahankan sikap atau pembawaannya ketika berinteraksi dengan yang lain tanpa adanya upaya – upaya untuk menyamakan tindakan. Selain melihat bentuk startegi komunikasi konvergensi dan divergensi ini, penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan faktor – faktor apa saja yang menjadi penghambat interaksi para pedagang di pasar tersebut, khususnya para pedagang yang memilliki latar belakang budaya yang berbeda – beda. Dimana salah satu faktor yang sangat berperan besar Dallam menghambat interaksi mereka itu kebanyakan dari segi berbahasa dan pola piker
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan.,M.Si dan Dr. Sri Murlianti, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

34 total views, 1 views today