PROGRAM RUMAH SEHAT LAYAK HUNI (RUSLANI) SEBAGAI INOVASI PEMERINTAH KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG DALAM PELAYANAN PUBLIK (Muhammad Renaldi)

February 25, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 25, 2020 @ 1:17 PM
IP: 125.160.67.106

  • 1. Title [Judul]: PROGRAM RUMAH SEHAT LAYAK HUNI (RUSLANI) SEBAGAI INOVASI PEMERINTAH KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG DALAM PELAYANAN PUBLIK
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Renaldi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: program inovasi rumah sehat layak huni, pelayanan publik, inovasi pelayanan publ
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi pelaksanaan program rumah sehat layak huni (ruslani) oleh pemerintah kecamatan samarinda seberang serta program ruslani sebagai suatu program inovasi pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan penentuan data menggunakan teknik purposive sampling, dengan fokus penelitian yaitu penggunaan pendekatan baru, produktivitas, dampak dan keberlanjutan serta sosialisasi, implementasi, monitoring dan evaluasi program rumah sehat layak huni (ruslani). Dalam penelitian ini yang menjadi key informan ialah Camat Samarinda Seberang. Informan lainnya ialah Kasi Pemerintahan dan Trantib, Kasi Ekobang, Lurah Mangkupalas dan aparatur Kecamatan Samarinda Seberang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Temuan dari penelitian ini adalah dari segi sosialisasi, implementasi serta monitoring dan evaluasi program telah berjalan dengan baik. Untuk penggunaan pendekatan baru, produktivitas, dampak dan keberlanjutan program ruslani sesuai dengan kriteria inovasi pelayanan publik. Hal ini dapat dilihat dari sosialisasi yang dilakukan dengan beberapa metode, implementasi dilakukan dalam tahapan yang teratur dan dilaksanakan oleh suatu panitia program, monitoring dilakukan secara lansung dan tidak langsung serta evaluasi dilakukan dengan metode audit kinerja dimana hasilnya menjadi acuan camat untuk memberikan rekomendasi terhadap pelaksanaan program. Untuk program ruslani sebagai suatu inovasi pelayanan publik, dapat dilihat dari anggaran pelaksanaan program yang tidak berasal dari APBN dan APBD, target minimal satu rumah setiap tahun, berbagai dampak yang dirasakan serta program yang telah berjalan sejak tahun 2014.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si. dan Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email