PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE DALAM ADMINISTRASI PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Arifin Gunawan Efendi)

March 18, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 18, 2020 @ 11:19 AM
IP: 180.248.119.41

  • 1. Title [Judul]: PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE DALAM ADMINISTRASI PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Arifin Gunawan Efendi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengelolaan, Sistem Informasi Manajemen dan Administrasi Pendidikan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sistem infromasi manajemen berbasis website dalam memberikan informasi terkait adminsitrasi pendidikan di SMA Negeri 1 Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.
    Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diambil adalah key informan adalah operator sekolah sedangkan informan adalah kepala sekolah/wakil kepala sekolah dan siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Kota Bangun. Pengumpulan data adalah melalui : wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis datanya adalah kualitatif dapat diartikan sebagai proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman dan Saldana.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pengelolaan sistem informasi berbasis website dalam memberikan infromasi terkait administrasi pendidikan di SMA Negeri 1 Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara dari pengelolaannya dan pelaksanaannya tidak mempunyai perencanaan yang bagus sehingga pengorganisasiannya tidak tertata, kepemimpinan yang ada masih belum mempengaruhi kinerja operator sekolah, tidak ada pengawasan yang dilakukan dalam pengelolaan website dan juga selama adanya pengelolaan website evaluasi tidak dilakukan secara menyeluruh. Dalam penelitian ini ada faktor penghambat yang mempengaruhi pengelolaan sistem infromasi manajemen tersebut, yaitu kurangnya waktu operator dalam menjalankan tugas, karena operator sekolah adalah seorang guru dan SMA Negeri 1 Kecamatan Kota Bangun hanya mempunyai satu operator, ditambah lagi operator sekolahnya kurang berkompeten dalam menjalankan tugasnya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Syahrani, M.Si dan Dr.Bambang Irawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

29 total views, 1 views today