PERSEPSI MAHASISWA PENGGUNA FACEBOOK DI KOTA SAMARINDA TERHADAP MARAKNYA BERITA HOAX DI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2012) (Rizal Iqomatul Haq,Bambang Irawan,Ghufron )

March 23, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 23, 2020 @ 11:50 AM
IP: 182.1.177.40

  • 1. Title [Judul]: PERSEPSI MAHASISWA PENGGUNA FACEBOOK DI KOTA SAMARINDA TERHADAP MARAKNYA BERITA HOAX DI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2012)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizal Iqomatul Haq,Bambang Irawan,Ghufron
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peranan, Electronic Public Relations, Citra Positif.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pengguna facebook di Kota Samarinda terhadap maraknya berita Hoax di media sosial. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penyerapan terhadap rangsang atau objek dari luar individu, hampir semua orang memiliki sosial media yang digunakan untuk berkomunikasi, termasuk para informan. Semua Informan memiliki facebook. Bahkan mereka juga memiliki lebih dari satu akun sosial media. Facebook sering digunakan dan melihat berbagai berita/informasi hoax yang ada. Tindakan informan langsung membaca dan memeriksa sumbernya. Pengertian atau pemahaman informan juga bukan orang yang mudah untuk menyebarkan berita/informasi di akun facebook mereka sebelum memeriksanya dan mencari tahu kebenaran dari isi berita itu. Penilaian atau evaluasi dari sepuluh informan, semua menganggap media sosial facebook, memberikan kemudahan dalam melakukan interaksi sosial. Informan mengharapkan like dan komentar dari pengguna lain pada foto dan video yang baru di unggah, dan dengan adanya like dan comment dari pengguna lain membuat mereka ingin mengunggah foto atau video lagi di facebook. Tidak semua berita/informasi yang ada di media sosial seperti facebook merupakan hoax
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang lrawan, M.Si, Drs. Ghufron, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 23 Maret 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

26 total views, 1 views today