UPACARA RITUAL BELIATN SEBAGAI PENGOBATAN TRADISIONAL PADA MASYARAKAT SUKU DAYAK TONYOOI STUDI DI DESA KELEKAT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Eko Prayogi)

April 16, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Prayogi, Eko
On: Apr 16, 2020 @ 5:56 PM
IP: 125.160.67.205

  • 1. Title [Judul]: UPACARA RITUAL BELIATN SEBAGAI PENGOBATAN TRADISIONAL PADA MASYARAKAT SUKU DAYAK TONYOOI STUDI DI DESA KELEKAT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Eko Prayogi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: 1302035037
  • 4. Description [Abstrak] : Masyarakat tradisional menganggap bahwa penyebab penyakit seringkali dihubungkan dengan dihubungkan dengan kekuatan gaib. Upacara Ritual Beliatn Sebagai Pengobatan Tradisional Pada Masyarakat Suku Dayak Tonyooi di Desa Kelekat Kabupaten Kutai Kartanegara, masih diyakini dan digunakan sebagai metode pengobatan sampai saat ini.
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan upacara ritual Beliatn sebagai pengobatan tradisional dan faktor yang menyebabkan bertahannya sampai saat ini. Penentuan subyek menggunakann metode purposive sampling dan teknik aksidental sampling. Metode mengumpulkan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tinjauan pustaka dan membuat kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukan penyebab bertahannya Upacara Ritual Beliatn Sebagai Pengobatan Tradisional Pada Masyarakat Suku Dayak Tonyooi Studi Di Desa Kelekat Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu: Adanya keterbatasan medis modern dalam menyembuhkah penyakit, masih adanya kepercayaan terhadap yang bersifat adikodrati dan usaha terakhir untuk mengobati penyakit. Merupakan penyebab masih bertahannya upacara ritual Beliatn pada masyarakat Suku Dayak Tonyooi ini.
    Kesimpulan dan Saran Beliatn merupakan upacara ritual pengobatan yang digunakan sampai saat ini. Penyebab bertahannya dan masih digunakannya adalah karena adanya pengalaman pribadi masyarakat dengan upacara ritual Beliatn dan kepercayaan bahwa upacara ritual Beliatn ini dapat menyembuhkansegala jenis penyakit. Perlunya ada diskusi pemahaman lagi, relefan atau tidaknya Beliatn digunakan untuk metode pengobatan saat ini.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] :
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]:

Loading

Print Friendly, PDF & Email