PENCITRAAN LURAH TERITIP BALIKPAPAN TIMUR DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI POLITIK (Periode 2017-2018) (Nauva Astarina)

July 6, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 6, 2020 @ 11:58 AM
IP: 103.3.221.155

  • 1. Title [Judul]: PENCITRAAN LURAH TERITIP BALIKPAPAN TIMUR DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI POLITIK (Periode 2017-2018)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nauva Astarina
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pencitraan Diri, Determinisme Technology, Facebook.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pencitraan diri
    seorang Lurah Teritip melalui Facebook. Penelitian ini menggunakan data primer yang
    diperoleh dengan wawancara langsung serta data sekunder menggunakan artikel, sumber
    tertulis terutama sumber online yang relavan.
    Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang
    berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada
    di lapangan (Sugiyono, 2006:212). Menggunakan analisis data dengan metode miles dan
    Huberman yaitu analisis data yang diawali dengan proses pengumpulan, reduksi, dan penyajian
    data serta penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan dengan cara melihat persepsi dari
    internal maupun eksternal, tentang pencitraan yang dilakukan lurah dengan menggunakan media
    sosial facebook. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara pada
    pihak internal seperti 3 staff kantor kelurahan dan eksternal pada 2 orang warga sekitar yang
    tentu saja mem-follow akun pribadi lurah Teritip.
    Dari hasil penyajian data yang diperoleh dan penguraian pada pembahasan penelitian
    ini, kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa pencitraan diri yang dilakukan
    oleh Lurah Teritip melalui Facebook adalah sebagai alat untuk melakukan pencitraan diri agar
    mendapat citra positif dari pihak internal maupun eksternal sesuai dengan keinginan yang
    diinginkan oleh penggunanya. Hal tersebut sesuai dengan penjabaran jenis-jenis citra menurut
    Frank Jefkins. Hal tersebut dijelaskan oleh peneliti dengan menggunakan indikator untuk
    mengukur citra diri menurut Jefkins yaitu tentang Curent Image, Coorporate Image dan Wish
    Image.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Budiman., S. IP., M.Si & Sarwo Edy Wibowo, S.I.Kom., M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 6 Juli 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

41 total views, 1 views today