EVALUASI PROGRAM PELATIHAN RUMAH KREATIF BUMN DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI PT. TELEKOMUNIKASI SAMARINDA (Maulina Ikke Hartianti)

July 16, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 16, 2020 @ 2:31 PM
IP: 125.160.67.192

  • 1. Title [Judul]: EVALUASI PROGRAM PELATIHAN RUMAH KREATIF BUMN DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI PT. TELEKOMUNIKASI SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Maulina Ikke Hartianti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: UMKM, RKB, Pelatihan, Evaluasi
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian dimaksudkan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Evaluasi Program Pelatihan Rumah Kreatif BUMN dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di PT. Telekomunikasi Samarinda, serta untuk mengidentifikasi faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian, yaitu evaluasi context (konteks), evaluasi input (masukan), evaluasi process (proses), evaluasi product (hasil) serta faktor penghambat dalam Evaluasi Program Pelatihan Rumah Kreatif BUMN dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) oleh PT. Telekomunikasi di Samarinda. Dalam penelitian ini yang menjadi key informan ialah Petugas Rumah Kreatif BUMN, 6 informan lainnya ialah para anggota RKB yang terdiri dari 3 bidang usaha. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa program pelatihan rumah kreatif BUMN dalam pengembangan usaha di PT. Telekomunikasi Samarinda merupakan terobosan dari pemerintah BUMN untuk mengembangan usaha mikro kecil menengah. Program RKB ini dinilai telah memberikan hasil yang baik kepada anggota RKB, tujuan dari program dikatakan tercapai, memberikan ilmu dan pengetahuan untuk mengembangkan usaha yang mereka miliki dengan dilaksanakan pelatihan secara gratis. Namun, masih adanya kekurangan dalam proses pelaksanaan yang berantakan karena petugas tidak mengikuti kurikulum yang ada dan tidak adanya pengelompokkan anggota RKB sesuai dengan kemampuan mereka dalam mengikuti pelatihan yang tercantum dalam alur proses RKB yang ada, minimnya anggaran yang diberikan dalam melaksanakan pelatihan. Serta masih kurangnya pendampingan dan monitoring berkelanjutan dari petugas kepada anggota RKB.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si dan Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

36 total views, 2 views today