Peran Website dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai Media Komunikasi Kearifan Lokal (M. Fachrian Noor Hidayat, Sugandi, Kadek Dristiana Dwivayani)

July 20, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Noor Hidayat, Muhammad Fachrian
On: Jul 20, 2020 @ 3:09 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Peran Website dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai Media Komunikasi Kearifan Lokal
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: M. Fachrian Noor Hidayat, Sugandi, Kadek Dristiana Dwivayani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Media Online, Kearfian Lokal, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 4. Description [Abstrak] : Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Peran Website Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai media komunikasi kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi. Peran Website Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai media komunikasi kearifan lokal masyarakat Kutai Kartanegara dengan menggunakan teori New Media. Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan lokasi penelitian di Jalan Wolter Moginsidi, Komplek Kantor Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara Gedung B Lt 3, Kalimantan Timur.
    Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data kualitatif interaktif yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Subjek dalam penelitian kali ini adalah Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara beserta para staf Bidang Pemasaran dan Pariwisata.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan peran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara dalam mengkomunikasikan kearifan lokal masayarakat Kutai Kartanegara melalui media online atau website yang dimiliki Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu www.visitingkutaikartanegara.com dan www.visit myborneo.com yang berusaha menyampaikan pesan kepada khalayak yang dituju dengan mempertontonkan seni dan budaya kepada khalayak yang berbasiskan kearifan lokal masyarakat Kutai Kartanegara. Untuk saat ini upaya yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara adalah dengan melakukan promosi pariwisata melalui kalender event dan festival budaya yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si dan Kadek Dristiana Dwivayani
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 Juli 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel ejournal

25 total views, 3 views today