Pembinaan Keterampilan Bagi Penyandang Disabilitas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Bina Karya Tenggarong. (Aulia Sahidah)

August 9, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 9, 2020 @ 2:37 PM
IP: 114.125.220.134

  • 1. Title [Judul]: Pembinaan Keterampilan Bagi Penyandang Disabilitas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Bina Karya Tenggarong.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Aulia Sahidah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembinaan Keterampilan, Penyandang Disabilitas.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembinaan keterampilan bagi penyandang disabilitas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Bina Karya Tenggarong serta mengidentifikasi faktor-faktor penghambat pembinaan keterampilan bagi penyandang disabilitas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Bina Karya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan di UPT Loka Bina Karya Teggarong Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara yang mana Kasubag TU UPT Loka Bina Karya Tenggagrong sebagai key informan dan informan adalah staf UPT Loka Bina Karya Tenggarong dan penyandang disabilitas selaku peserta pembinaan keterampilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa UPT Loka Bina Karya Tenggarong merupakan tempat pelayanan bagi penyandang disabilitas yang memberikan pembinaan keterampilan seperti komputer, pijat bugar, salon kecantikan dan pangkas rambut. Waktu yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan 30 hari dengan dilanjutkan Praktek Belajar Kerja (PBK). Pembinaan keterampilan bagi penyandang disabilitas berjalan dengan baik, namun masih ada hambatan dalam pelaksanaan pembinaannya seperti kurangnya minat para penyandang disabilitas untuk mengikuti pembinaan keterampilan yang dipengaruhi oleh kurangnya dukungan dari keluarga dan masyarakat, dan faktor sarana dan prasarana yang seharusnya diperbaharui agar lebih optimal dalam kegiatan pembinaan keterampilan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si, Dr. Santi Rande, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 9 Agustus 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email