Pola Komunikasi Kelompok Dalam Komunitas K-Pop Dance Cover “Soulmate” di kota Samarinda (Indah Permata Dewi)

October 1, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Permata Dewi, Indah
On: Oct 1, 2020 @ 2:51 PM
IP: 161.35.196.91

  • 1. Title [Judul]: Pola Komunikasi Kelompok Dalam Komunitas K-Pop Dance Cover “Soulmate” di kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Indah Permata Dewi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pola Komunikasi, Kelompok, Komunitas
  • 4. Description [Abstrak] : Di dalam sebuah kelompok tergabung beberapa orang yang memiliki visi, misi dan minat yang sama terhadap sesuatu hal. Kelompok juga terbagi menjadi dua yaitu kelompok formal dan kelompok informal. Komunitas Soulmate adalah salah satu contoh kelompok informal yang terbentuk karena adanya minat yang sama pada Korean Wave. Komunitas ini adalah komunitas yang bergerak pada bidang seni, yaitu dance cover dan sing cover. Kelompok yang berdomisili di Samarinda beranggotakan anak-anak muda yang gemar tampil dan menyukai K-POP. Saat berkumpulnya beberapa orang pada suatu waktu, tentulah terjadi suatu proses komunikasi seperti pertukaran pesan dan informasi.
    Maka dari itu penelitian ini bermaksud untuk melihat dan mengetahui pola komunikasi apa yang terjadi di dalam komunitas Soulmate. Dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif yang akan menghasilkan data deskriftip berupa tulisan dan kata-kata yang diperoleh dari sumber data.
    Hasil penelitian yang didapatkan adalah bahwa komunitas soulmate menerapkan beberapa pola komunikasi seperti yang telah dijelaskan yaitu Pola komunikasi primer, sekunder, linier dan sirkular. Keempat pola komunikasi aktif dilakukan walaupun terdapat beberapa hambatan ketika berkomunikasi. Seperti pada pola komunikasi sekunder, para anggota memiliki hambatan dalam berkomunikasi secara bermedia dikarenakan sulitnya untuk menjangkau sesama anggota ketika mereka tidak online pada grup chat atau pesan yang tidak tersampaikan dengan baik sehingga teradi miskomunikasi seperti salah mengartikan pesan sehingga menghasilkan respon yang berlawanan dengan maksud yang diharapkan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sri Murlianti, S.Sos., M.Si, Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos., M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

35 total views, 1 views today