Peran Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo dalam Meningkatkan Wisata Budaya di Desa Pampang Kota Samarinda. (Bolkis Nursiyah)

October 15, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 15, 2020 @ 12:17 AM
IP: 114.125.201.243

  • 1. Title [Judul]: Peran Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo dalam Meningkatkan Wisata Budaya di Desa Pampang Kota Samarinda.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Bolkis Nursiyah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: : Peran, Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peran Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo dalam meningkatkan wisata budaya di Desa Pampang Kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor penghambat peran Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo dalam meningkatkan wisata budaya di Desa Pampang Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah peran Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo dalam meningkatkan wisata budaya di Desa Pampang Kota Samarinda meliputi pengembangan obyek dan daya tarik wisata, peningkatan sarana dan prasarana pendukung wisata dan monitoring terhadap pelaksanaan program-program pengembangan pariwisata serta faktor penghambat peran Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo dalam meningkatkan wisata budaya di Desa Pampang Kota Samarinda. Tehnik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, document research dan penelitian kepustakaan. Teknis analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis kualitatif model interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Dinas Kebudayaan Pariwisata dalam meningkatkan wisata budaya bi Desa Pampang Kota Samarinda sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu : (1) Pengembangan obyek dan daya tarik wisata melalui pelatihan dan melaksankan acara adat tahunan yang dihadiri oleh wisatawan nasional. (2) Peningkatan sarana dan prasarana pendukung wisata, dalam hal ini Dinas pariwisata sudah melakukan pembenahan dalam sektor akses jalan dan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang ada. (3) Monitoring terhadap pelaksanaan program-program pengembangan pariwisata dengan melakukan peninjauan tidak hanya terpusat pada Desa Pampang, namun dilakukan secara menyeluruh. Faktor penghambat berupa terbatasnya anggaran dana dan terbatasnya sumber daya manusia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muhammad Noor, M.Si.,Jauchar B. S.IP., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 Oktober 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

31 total views, 1 views today