KUALITAS PELAYANAN PLN DI KECAMATAN TALISAYAN KABUPATEN BERAU (Herliansyah)

October 15, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 15, 2020 @ 1:19 AM
IP: 114.125.201.243

  • 1. Title [Judul]: KUALITAS PELAYANAN PLN DI KECAMATAN TALISAYAN KABUPATEN BERAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Herliansyah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualias, pelayanan, PLN, kepuasan, pelanggan.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Kinerja instansi PT.PLN dalam pelayanan Listrik kepada masyarakat dan apa saja yang menjadi faktor penghambat kinerja instansi PT.PLN dalam pelayanan listrik kepada masyarakat di Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau. Hasil Penelitian yaitu pelaksanaan kualitas pelayanan listrik PLN (Persero) Talisayan sudah cukup baik karena didalam ruang tunggu sudah terdapat kursi, sehingga tidak perlu berdiri dalam mengantri. Kemudian tersedianya toilet, pendingin ruangan (AC) serta letaknyapun tidak jauh dari perkampungan akrena berada di tengah kecamatan Talisayan. Namun dari segi tehnisi yang terjun kelapangan masih kurang memadai akrena masih banyaknya pelanggan yang antri untuk mengajukan keluhan di meja costumer service. Tidak adanya evaluasi yang diberikan dari pihak PLN setelah perbaikan sehingga masyarakat belum mengetahui secara pasti apakah setelah perbaikan sebelumnya jaringan listrik menjadi lebih baik. Struktur yang ada di PLN Kecamatan Talisayan seperti pembagian tugas dan tanggung jawab telah terstuktur sehingga tidak ada tumpeng tindih tugas dan tanggung jawab, selain itu pelayanan yang dilakukan oleh costumer service sudah berjalan sesuai dengan Operational standar prosedur (SOP) dan berjalan dengan efektif. Tanggapan PLN terhadap berbagai keluhan konsumen tentang matinya listrik yang tiba-tiba diberi tanggapan bila mati tiba-tiba dikarenakan terjadinya gangguan konsleting listrik atau kebakaran sehingga langsung dimatikan di cabang, tetapi bila ada perbaikan berkala dari tehnisi PLN Talisayan, maka akan di umumkan melalui koran titik-titik atau jalan apa saja yang akan mengalami gangguan pemadaman listrik secara berkala. Berdasarkan hasil intrepretasi menunjukan bahwa tingkat kepuasan pelanggan dan konsumen berada pada tingkat cukup puas. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang kuat terhadap kepuasan pelanggan sehingga pihak PLN harus mempertahankan dan lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan yang sudah cukup baik agar pelanggan selalu merasa puas dengan pelayanan yang diterimanya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., MM., Hj. E. Letizia Dyastari, S.Sos., M,Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 Oktober 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email