EFEK TERPAAN BELANJA ONLINE MELALUI INSTAGRAM DI KOMUNITAS PASAR SETAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT KOTA SAMARINDA (Wisnu Prasetya, Lailatul Hijrah, Kheyene Molekandella Boer)

October 15, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 15, 2020 @ 8:33 PM
IP: 140.213.182.216

  • 1. Title [Judul]: EFEK TERPAAN BELANJA ONLINE MELALUI INSTAGRAM DI KOMUNITAS PASAR SETAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Wisnu Prasetya, Lailatul Hijrah, Kheyene Molekandella Boer
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efek Terpaan, Belanja Online, Instagram, Perilaku Konsumtif
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menggambarkan dan mendeskripsikan efek terpaan belanja online dalam membentuk perilaku konsumtif konsumen komunitas Pasar Setan sebagai pengguna aktif Instagram.
    Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai realitas masyarakat dalam membentuk perilaku konsumtif dari fenomena terpaan belanja online melalui Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara pada keseluruhan kegiatan belanja online yang digunakan Pasar Setan dalam memberikan efek terpaan kepada konsumen dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi melalui aktifitas sosial media Instagram Pasar Setan mau pun kegiatan jual-beli secara langsung. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang berasal dari lokasi penelitian dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa Komunitas Pasar Setan telah melakukan penyebaran informasi kepada khalayak yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana belanja online, sehingga interaksi yang ditemukan pun tergolong positif dan para konsumen menerima efek terpaan belanja online melalui Instagram. Ada pun efek ini dapat menimbulkan rasa seperti loyalitas mau pun royalitas melalui informasi yang dikonsumsi khalayak terhadap komunitas tersebut. Oleh karena itu, hal seperti ini membentuk sikap mau pun tindakan konsumtif dari khalayak terhadap belanja online pada Komunitas Pasar Setan ini. Komunitas ini telah memanfaatkan media sosial dengan baik agar dapat memberikan sebuah informasi kepada khalayak yang diterima secara efektif, sehingga memberikan feedback tersendiri baik keuntungan berjualan, mau pun identitas yang kerap diberikan dari konsumen yang mengkonsumsi produk Komunitas Pasar Setan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Lailatul Hijrah, M.Si dan Kheyene Molekandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

31 total views, 1 views today