Latar Belakang Perceraian Di Kecamatan Sangatta Uatara Kabupaten Kutai Timur Periode 2017-2019. (Zaqiah Hapsarinur Achmad)

October 22, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 22, 2020 @ 5:47 PM
IP: 114.125.197.58

  • 1. Title [Judul]: Latar Belakang Perceraian Di Kecamatan Sangatta Uatara Kabupaten Kutai Timur Periode 2017-2019.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Zaqiah Hapsarinur Achmad
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Latar Belakang, Perceraian, Sangatta Utara.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang latar belakang perceraian yang terjadi di Kecamatan Sangatta Utara yang dilihat dari aspek proses perceraian yang setiap tahunnya mengalama peningkatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja yang melatarbelakangi tingginya angka perceraian di Kecamatan Sangatta Utara dan Untuk Mengetahui dampak sosial yang diakibatkan karena kasus perceraian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif dengan pendekatan metode kualitatif, selanjutnya penulis mengumpulkan data menggunakan metode: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah: pelaku perceraian dan Panitera Pengadilan Agama Kecamatan Sangatta Utara. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini yaitu purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, kesimpulan dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu; (1) faktor terbesar penyebab terjadinya kasus perceraian adalah pertengkaran terus menerus/ketidakharmonisan, dimana kurangnya saling pengertian suami ataupun istri dalam suatu rumah tangga sehingga setiap yang mengalami keributan selalu untuk menempuh jalan perceraian dan yang paling signifikan yang dihadapi suatu keluarga adalah (2) tidak terpenuhnya kebutuhan lahir dari segi faktor ekonomi sehingga paling rentang mengalami perceraian dan adanya sifat salah satu pihak yang menyebabkan ketidakharmonisan disebabkan adanya orang-orang yang tidak terduga masuk dalam rumah tangga mereka, sehingga dapat menyebabkan suatu permasalahan rumah tangga.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Badruddin Nasir, M.Si, Novita Surya Ningsih, M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22 Oktober 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

52 total views, 1 views today