Implementasi Sistem Informasi manajemen Pajak Hotel dan Restoran Berbasis Online dalam Meningkatkan Partisipasi Wajib Pajak di Kabupaten Berau. (Zimri Jimmy Patiung)

October 26, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 26, 2020 @ 4:51 PM
IP: 114.125.174.226

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Sistem Informasi manajemen Pajak Hotel dan Restoran Berbasis Online dalam Meningkatkan Partisipasi Wajib Pajak di Kabupaten Berau.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Zimri Jimmy Patiung
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Kepala Kampung, pelestarian, tradisi.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Kampung Dalam Pelestarian Tradisi Buang Nahas (Tolak Bala) di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau dan Peran Kepala Kampung dalam pelestarian tradisi Buang Nahas (Tolak Bala) di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau, meliputi nilai – nilai yang terkandung dalam Tradisi Buang Nahas (Tolak Bala) serta faktor pendukung dan faktor penghambat Kepala Kampung dalam pelestarian tradisi Buang Nahas (Tolak Bala) tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala kampung dalam pelestarian tradisi Buang Nahas (Tolak Bala) di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan Kabupaten Talisayan, diantaranya Kepala Kampung sudah menjalankan perannya dalam melakukan pelestarian tradisi Buang Nahas (Tolak Bala). Hal tersebut dapat dilihat dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menetapkan peraturan daerah melalui Undang-Undang yang menyangkut pelaksanaan Tradisi Buang Nahas (Tolak Bala), serta Nilai-nilai yang terkandung dalam Tradisi tersebut yang meliputi empat aspek, yaitu; nilai religius, nilai budaya, nilai sosial dan nilai moral. Keempat nilai tersebut merupakan keragaman nilai hukum adat yang dimiliki oleh masyarakat Kecamatan Talisayan yang sangat memperkaya nilai budaya masyarakat di Talisayan. Dengan adanya keberagaman nilai ini, masyarakat umum lainnya dapat mengetahui makna tradisi Buang Nahas dan dapat mengikuti pelaksanaan Tradisi Buang Nahas (Tolak Bala). Disamping keberhasilan di atas, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Kepala Kampung Dalam Pelestarian Tradisi Buang Nahas (Tolak Bala) Di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau belum berjalan dengan maksimal. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat kendala yang mempengaruhi kondisi internal maupun eksternal akibat dari beberapa oknum yang tidak sepakat akan pelaksanaan tradisi Buang Nahas (Tolak Bala). Dimana kendala-kendala tersebut menjadi bantu sandungan Kepala Kampung untuk tetap menjaga dan melestarikan tradisi tersebut yang telah dipegang teguh secara turun temurun.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si, Dr. M. Hairul Saleh, MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26 Oktober 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

54 total views, 1 views today