ANALISIS PERILAKU SLANKERS SAMARINDA DALAM MENIRU LIFESTYLE PERSONIL BAND SLANK MELALUI MEDIA (Mila Novianti,Hairunnisa,Sabirudin)

October 28, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 28, 2020 @ 11:13 AM
IP: 36.84.154.175

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS PERILAKU SLANKERS SAMARINDA DALAM MENIRU LIFESTYLE PERSONIL BAND SLANK MELALUI MEDIA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Mila Novianti,Hairunnisa,Sabirudin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perilaku Slankers, Lifestyle, Media
  • 4. Description [Abstrak] : Mila Novianti. 1302055056.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui, memahami serta manganalisis sejauh mana perilaku Slankkers Samarinda dalam meniru lifestyle dari personil band Slank melalui media. Serta untuk mengetahui dan memahami faktor-faktor yang meliputi peranan band Slank terhadap Slankers. Penelitian ini dilakukan di komunitas Slankers Kota Samarinda Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena yang terjadi pada subjek penelitian, dugunakan untuk meneliti subjek yang alamiyah, analisis data bersifat induktif lebih menekankan pada makna dari pada generalisasi. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang mengkaji, menganalisis dan menjelaskan data dalam rangka memecahkan masalah sosial yang terjadi pada saat ini. Terdapat tiga macam teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini melibatkan 9 (sembilan) orang sebagai informan. Adapun Teknik Analisis Data yan digunakan adalah metode analisis interaktif yang terdiri dari tiga hal yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/saran. Hasil penelitian yang ada didapatkan hasilnya bahwa anak muda hingga orang dewasa yang menjadi informan secara tidak disadari oleh individu bahwa mereka telah melakukan perilaku meniru secara berkelanjutan dan mulai mengaplikasikannya kepada kehidupan sehari-hari mereka. Hal tersebut terjadi akibat sosial dan lingkungan disekitarnya, kurangnya pemahaman terhadap bagaimana cara menempatkan posisi individu sebagai penggemar terhadap idolanya dan tanpa disadari betapa kuatnya pengaruh idola terhadap penggemarnya. Seluruh data diperoleh merupakan hasil dari observasi, menganalisa, mengamati dan wawancara yang dilakukan kepada Slankers kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Khairunnisa, S.Sos, M.M dan Sabiruddin, S.Sos, I, M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

23 total views, 2 views today