Komunikasi Partisipatif Pada Program Konservasi Ekosistem Mangrove di Mangrove Center Graha Indah Kota Balikpapan (Maharani Ramadhanty Fitria, Erwiantono, Kadek Dristiana Dwivayani)

November 25, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 25, 2020 @ 10:19 AM
IP: 125.160.67.57

  • 1. Title [Judul]: Komunikasi Partisipatif Pada Program Konservasi Ekosistem Mangrove di Mangrove Center Graha Indah Kota Balikpapan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Maharani Ramadhanty Fitria, Erwiantono, Kadek Dristiana Dwivayani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Konservasi mangrove, Komunikasi Partisipatif, Gerakan Sosial Baru
  • 4. Description [Abstrak] : Salah satu upaya melindungi kerusakan ekosistem mangrove maka perlu dilakukannya konservasi. Dalam proses mengomunikasikan konservasi alam, partisipasi masyarakat sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini menganalisis proses komunikasi partisipatif yang diterapkan oleh inisiator Mangrove Center pada program konservasi ekosistem mangrove berbasis masyarakat. Fokus penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan dianalisis pada penerapan indikator komunikasi partisipatif: heteroglasia, dialog, poliponi dan karnaval. Kemudian dianalisis menggunakan ciri gerakan sosial baru dengan indikator ruang publik, pelayanan publik/pengelolaan lingkungan, dan non partisan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan empat indikator dari komunikasi partisipatif berjalan dengan cukup baik. Pada indikator heteroglasia, keberagaman pemangku kepentingan pada Mangrove Center terakomodasi dengan membentuk pola kerja sinergis. Namun, terlihat ketidakseimbangan partisipasi gender. Akibatnya, indikator dialog rendah karena bias komunikasi gender. Sehingga, indikator poliponi belum berhasil membangun pemahaman yang sama tentang tujuan program konservasi ekosistem mangrove yang berbasis masyarakat. Akan tetapi, pengelola tetap menghimpun pendapat yang berbeda dan mengupayakan diskusi. Pada indikator karnaval dilakukan upaya mengakomodasi gaya bahasa yang nonformal disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat. Pada gerakan sosial baru dapat diketahui bahwa di Mangrove Center selalu mengadakan diskusi bersama masyarakat maupun pemerintah mengenai program konservasi. Adapun komunikasi yang harusnya dilakukan dari sisi pemerintah yaitu mampu membenahi koordinasi bersama pengelola program dengan melakukan dialog rutin. Upaya pemberdayaan kaum perempuan juga dapat dilakukan untuk pemasaran produk UMKM sebagai cinderamata.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwiantono, S.Pi., M.Si, Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos., M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

54 total views, 4 views today