Inovasi Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Destinasi Wisata Pasca Tambang (Studi di Desa Embalut Kabupaten Kutai Kartanegara) (Cinthania Anjar Mirany)

January 18, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Mirany, Cinthania Anjar
On: Jan 18, 2021 @ 10:17 AM
IP: 114.125.223.136

  • 1. Title [Judul]: Inovasi Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Destinasi Wisata Pasca Tambang (Studi di Desa Embalut Kabupaten Kutai Kartanegara)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Cinthania Anjar Mirany
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Inovasi,Pemerintah Desa, Pembangunan Destinasi Wisata Pasca Tambang
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Inovasi Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Destinasi Wisata Pasca Tambang Studi di Desa Embalut Kabupaten Kutai Kartanegara Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan secara mendalam mengenai Inovasi Pemerintah Desa dalam Pembangunan Destinasi Wisata Pasca Tambang Studi di Desa Embalut Kabupaten Kartanegara Analisis data model interaktif dari B. Milles dan A. Huberman, yang diawali dengan redukasi data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemerintah Desa Embalut telah melaksanakan upaya dengan melakukan rancangan yang telah diatur sehingga pembangunan destinasi wisata pasca tambang didesa embalut memerlukan waktu yang cukup lama karena perlu melihat wilayah-wilayah bekas tambang yang bisa dimanfaatkan menjadi sektor wisata dan menjadikan ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitar.Dampak yang ditimbulkan dari sektor wisata sangat dirasakan oleh masyarakat hal ini tentunya tidak hanya menjadi dampak yang hanya bisa sementara namun dampak tersebut dapat menciptakan dampak yang berkelanjutan beberapa dampak wisata yang ada di desa tersebut yaitu bertambahnya penghasilan dari adanya sektor wisata dengan mengelola Taman Teknologi Pertanian dan Taman Buah yang hasilnya di perjual belikan kembali kepada konsumen ini merupakan dampak ekonomi yang sangat berkembang karena jarang sekali lahan bekas pertambangan dapt dikembalikan fungsi lahannya menjadi lahan siap pakai, dalam pemusatan upaya ini yang dipusatkan adalah sektor wisata yang mana sektor wisata ini mampu menciptakan ekonomi berkelanjutan dengan memaksimalkan pemanfaatan wilayah resapan, Dalam pola keputusan Pemerintah Desa maupun Kepala Desa sangat mengedepankan pola koordinasi baik kepada Masyarakat, kepada Perusahaan dan pihak terkait lainnya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs.H.Burhanuddin, M.Si dan Jumansyah S.IP, M.I.Pol
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Jurnal

39 total views, 1 views today