Analisis Isi Objektivitas Berita Aksi Mahasiswa Tolak Revisi UU KPK dan RKUHP pada Sketsaunmul.co (Laili Mulia Anugraheni)

January 27, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Anugraheni, Laili
On: Jan 27, 2021 @ 10:42 AM
IP: 125.160.64.76

  • 1. Title [Judul]: Analisis Isi Objektivitas Berita Aksi Mahasiswa Tolak Revisi UU KPK dan RKUHP pada Sketsaunmul.co
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Laili Mulia Anugraheni
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Objektivitas, Berita, Analisis Isi, Pers Mahasiswa
  • 4. Description [Abstrak] : Laili Mulia Anugraheni. 1602055029. Penelitian ini berjudul “Analisis Isi Objektivitas Berita Aksi Mahasiswa Tolak Revisi UU KPK dan RKUHP pada Sketsaunmul.co” bertujuan untuk mengetahui bagaimana objektivitas pemberitaan aksi mahasiswa tolak revisi UU KPK dan RKUHP yang dirilis oleh media online LPM SKETSA.
    Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Diawali dari menentukan tujuan analisis, merumuskan konsep dan operasionalisasi penelitian serta menyusun lembar koding yang berisikan indikator penelitian. Kemudian, lembar koding diuji validitasnya menggunakan uji validitas isi. Setelah indikator dinyatakan valid, kemudian dilakukan uji reliabilitas antar coder dengan menggunakan rumus Cohen Kappa. Setelah pengkodingan dilakukan, selanjutnya adalah mendeskripsikan hasil analisis data dalam bentuk tabel frekuensi.
    Berdasarkan hasil penelitian, presentase indikator Faktual, Akurasi, Jurnalistik, Normatif, dan Real World memiliki hasil presentase yang tinggi, yakni sebesar 100%. Kemudian untuk indikator Lengkap memiliki hasil presentase sebesar 87.50%, dan indikator Non Evaluative sebesar 81.25%. Kemudian untuk indikator Non Sensational hasil presentasenya paling rendah, yakni hanya sebesar 31.25%.
    Dari penelitian yang telah dilakukan, hal ini membuktikan bahwa berita aksi mahasiswa tolak revisi UU KPK dan RKUHP yang dirilis oleh media online LPM SKETSA (sketsaunmul.co) pada periode 23 September s.d 14 Oktober 2019 sudah memenuhi konsep dan kaidah jurnalistik yang ada, namun hasilnya tidak sepenuhnya objektif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Ainun Ni’matu Rohmah, S.I.Kom., M.A, Nurliah, S.Sos., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

45 total views, 1 views today