ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TENTANG PROGRAM 100 HARI KINERJA GUBERNUR (ANIES BASWEDAN) – WAKIL GUBERNUR (SANDIAGA UNO) DKI JAKARTA DI MEDIA ONLINE CNNINDONESIA DAN TIRTO.ID (Raden Roro Ajeng Erynira Permatasari, Abdullah Karim, Nurliah )

February 23, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 23, 2021 @ 11:50 AM
IP: 125.160.67.104

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TENTANG PROGRAM 100 HARI KINERJA GUBERNUR (ANIES BASWEDAN) – WAKIL GUBERNUR (SANDIAGA UNO) DKI JAKARTA DI MEDIA ONLINE CNNINDONESIA DAN TIRTO.ID
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Raden Roro Ajeng Erynira Permatasari, Abdullah Karim, Nurliah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Framing, CNNIndonesia, Tirto.id.
  • 4. Description [Abstrak] : Radem Roro Ajeng Erynira Permatasari. 1302055041. Program kerja Anies Baswedan dan Sandiaga Uno selaku Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta menjadi isu yang hangat dibicarakan di hari ke-100 mereka menjabat. Program-program yang dijanjikan selama kampanye menjadi pemberitaan yang menarik bagi para wartawan untuk disampaikan ke publik. Cnnindonesia.com dan Tirto.id merupakan dua buah media online yang menjadikan isu ini sebagai headline pemberitaan mereka. Cnnindonesia.com dan Tirto.id adalah dua media online yang cukup besar di Indonesia yang memiliki pengakses atau pengunjung yang termasuk besar, Cnnindonesia.com sebesar 20.487.900 dan Tirto.id sebesar 10.644.900.
    Penelitian ini mencoba mengetahui dan membandingkan pemberitaan yang dimuat dalam Cnnindonesia.com dan Tirto.id mengenai program 100 hari kerja Anies-Sandi menggunakan analisis framing. Framing merupakan sebuah sarana untuk mengetahui bagaimana cara pandang atau konstruksi pemikiran yang digunakan oleh seorang wartawan ketika memilih isu dan menulis sebuah berita (Sobur 2012: 162). Dari penelitian ini setelah melalui analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, dengan empat struktur: Sintaksis, Skrip, Tematik, dan Retoris, peneliti menemukan Cnnindonesia.com dan Tirto.id memiliki perbedaan dalam menuliskan penjabaran program kerja serta permasalahan yang ada. Secara garis besar setelah dibandingkan dengan menggunakan analisis framing, Cnnindonesia.com dalam berita-berita yang dituliskannya menggunakan bahasa yang lebih ringan, netral, dan aman. Sedangkan Tirto.id menggunakan bahasa yang tegas serta lugas dan terkesan terus terang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim, MS & Rina Juwita, S.IP., M.HRIR
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 23 Februari 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

30 total views, 1 views today