Tinjauan Aspek Sumberdaya Manusia Dalam Penerapan Aplikasi E-Office Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Studi Kasus : Sub-bagian Umum dan Kepegawaian) (Angga Dwi Saputra)

February 25, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Dwi Saputra, Angga
On: Feb 25, 2021 @ 9:18 PM
IP: 125.160.64.79

  • 1. Title [Judul]: Tinjauan Aspek Sumberdaya Manusia Dalam Penerapan Aplikasi E-Office Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Studi Kasus : Sub-bagian Umum dan Kepegawaian)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Angga Dwi Saputra
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Sumberdaya Manusia, Aplikasi E-Office
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian dimaksudkan untuk menggambarkan Tinjauan Aspek Sumber Daya Manusia dalam Penerapan Aplikasi E-Office pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Studi Kasus : Sub-Bagian Umum dan Kepegawaian), serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambatnya.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian, yaitu pemahaman pegawai dalam pemanfaatan aplikasi e-Office, kemampuan pegawai dalam menggunakan aplikasi e-Office, Pendidikan dan pelatihan dalam rangka peningkatan keterampilan SDM sesuai fungsi dan tanggung jawab yang diberikan kepada pegawai dengan memperhatikan faktor – faktor pendukung dan penghambatnya. Dalam penelitian ini yang menjadi key informan ialah Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur beserta 6 orang informan. Teknik analisis dengan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana.
    Hasil penelitian disimpulkan bahwa dari sisi pemahaman pegawai menunjukkan bahwa pegawai baik sebagai pengguna maupun sebagai operator telah memahami bagaimana penggunaan, fungsi, dan manfaat aplikasi e-office. Dari sisi kemampuan pegawai menunjukkan bahwa tidak banyak didapati kesulitan pegawai dalam menggunakan aplikasi e-office namun intensitas penggunaan kurang baik karena bisa tergantikan dengan hal lain. Kemampuan operator sudah baik tetapi karena hanya ada satu orang maka tidak sebanding dengan beban kerja yang banyak. Dari sisi Pendidikan dan Pelatihan masih kurang karena tidak semua pegawai mendapatkan pelatihan aplikasi e-Office. Pada tahun 2018 dan 2019 diadakan bimtek aplikasi e-Office dengan total 4 orang terlibat yang masih kurang dibandingkan dengan jumlah pegawai yang berjumlah 17 orang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si dan Dr. Santi Rande, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]:

44 total views, 1 views today